Telkomsel Perkuat Seluruh Jaringan Pada Natal dan Tahun Baru 2019

Jaringan internet Telkomsel hingga ke pelosok Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. (foto: Wisnu Tri Rahardjo/SWA)

Telkomsel perkuat seluruh elemen jaringannya dalam mengantasipasi lonjakan trafik layanan pada Natal dan Tahun Baru. Selain menyiagakan 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS, Telkomsel secara khusus membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia.

Untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan, secara keseluruhan Telkomsel melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru 2019, Telkomsel telah menggelar lebih dari 184.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara, serta lebih dari 51.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 500 kota kabupaten.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan.

Dari seluruh titik tersebut,13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon).

Pada periode Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, jika dibandingkan hari biasa trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20% yang didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31%, trafik layanan SMS mengalami kenaikan lebih dari 0,5% berbanding hari biasa yang cenderung menurun tipis, sekitar 1,4%.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)