'The 7 Habits® for New College Students' Pecahkan Rekor

Pelatihan 'The 7 Habits® for New College Students' yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Dunamis Foundation berhasil memecahkan rekor MURI. Pasalnya, kegiatan tersebut melatih mahasiswa baru secara paralel dengan fasilitator terbanyak yaitu 135 fasilitator di 67 kelas.

Museum Rekor Dunia-Indonesia(MURI) akan mencatat rekor ini pada hari terakhir pelaksanaan program yaitu 4 Agustus 2011 di ITB. Program ini dilakukan untuk membekali 3338 mahasiswa baru ITB angkatan 2011 yang dilaksanakan pada 3 – 4 Agustus 2011 di Kampus ITB – Jl Ganesha 10 Bandung, Jawa Barat. Program yang dilakukan secara paralel ini akan terbagi dalam 67 kelas terpisah.

Program pelatihan 'The 7 Habits® for New College Students' merupakan suatu program pengembangan karakter kepemimpinan yang kokoh dengan berdasarkan program 'The 7 Habits of Highly Effective People™' karya Stephen R Covey.

Keunggulan program ini terletak pada kontektualisasi dengan dunia kemahasiswaan. Program ini menjadi jawaban atas kebutuhan pembinaan karakter serta penanaman kepemimpinan dalam diri mahasiswa,” ujar Direktur Dunamis Foundation, Andrial Purnomo

Program ini dimulai dengan membangun akar yang kuat yaitu kemandirian dan dilanjutkan dengan kemampuan membangun kerjasama dan pemeliharaan diri yang berkesinambungan. Dengan mengikuti Pelatihan 'The 7 Habits® for New CollegeStudents', para mahasiswa baru diharapkan semakin mampu memahami values ITB dan mengembangkan potensi dalam pembentukan karakter sebagai intellectual leader. Mahasiswa juga akan ditanamlan nilai-nilai kepemimpinan (leadership).

Program pelatihan tersebut didesain khusus untuk mahasiswa dengan menitikberatkan pada isu-isu yang khas mahasiswa seperti menjawab dilema karir masa depan, ketrampilan interpersonal yang efektif, proaktivitas, kecerdasan mengelola prioritas, kemampuan mengubah visi menjadi tindakan serta sinergi.

Sebagai institus pendidikan yang mengedepankan riset dan pengembangan serta sesuai dengan misi ITB yaitu menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kemanusiaan serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik, mahasiswa ITB dituntut untuk menjadi pribadi-pribadiyang mampu menyeimbangkan kehidupan akademik dan karakter pribadi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)