Tiga Produk Baru Casio Akan Ramaikan Pasar Kamera Digital

Tahun ini Casio hendak meluncurkan tiga kamera terbaru di Indonesia. Ketiga kamera tersebut rencananya diluncurkan bulan Mei-April mendatang. Masing-masing adalah Casio tipe EX-TR100, EX-ZR10, dan EX-H2OG dengan banderol harga Rp 1-3 juta per unit.

Kelebihan kamera ini adalah kemampuannya dalam berotasi dan tombol bidik sentuh. Kamera mampu menghasilkan fokus dan memotret pada suatu bagian dalam frame yang diinginkan hanya dengan menyentuh panel,” kata Yamagishi Kazunori, GM Digital Camera Division Casio Asia Tenggara.

Dibandingkan negara lain, bagaimana peluang pasar kamera digital di Indonesia? Dia tidak menampik bahwa pihaknya sangat percaya diri memasuki pasar ini di Indonesia. Indonesia merupakan pasar nomor empat dibandingkan negara lainnya. Pasar kamera digital yang paling tinggi berasal dari Taipei, Taiwan.

Maaf, kami tidak bisa memberitahukan berapa prosentase pertumbuhan kami. Namun secara industri, tahun lalu kebutuhan pasar kamera digital Indonesia menurut datai GFK, sebanyak 900 ribu dan tahun ini diperkirakan tumbuh menjadi 1 juta unit,” jelas Yamagishi. Dia mengklaim, market share Casio tahun 2010 sebesar 8-10% dan tahun ini diperkirakan menjadi 11%.

Dia menilai, penjualan kamera digital di Indonesia masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan Singapura dan Hong Kong. Contoh, pada kedua negara itu sudah lebih dari 70% penetrasi kamera digital. Sementara itu, di Jepang pasar digital hanya sekitar 60-70%. Bahkan ada negara yang sudah mencapai penetrasi sebanyak 90%. Di pasar semacam itu, tidak ada banyak ruang yang membuat produsen leluasa bergerak. Sedangkan Indonesia masih berada posisi penetrasi 10% tahun 2009. Sekarang penetrasi tahun 2011 antara 10-20%. Ini bisa mengindikasikan bahwa range antara negara yang pasarnya belum 'mature' dibandingkan dengan pasar yang sudah mapan adalah 8-20. Memang terlalu besar rentang-nya. Artinya Casio memiliki kesempatan untuk memasuki rentang pasar yang masih belum banyak tergarap itu.

Menurutnya, dibandingkan dengan kamera digital merek lainnya, Casio berada di posisi ke-4 tahun 2011. Posisi pertama ditempati oleh Canon. Tahun 2010 posisi Casio masih nomor 5.

Target selanjutnya, Casio ingin membesarkan pasar kamera digital. Sebab, potensi pasarnya masih sangat besar, terutama di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)