4 Langkah Cermat Agar Uang Gaji Selamat

Yang ditunggu-tunggu oleh para pegawai atau karyawan setiap akhir bulan tidak lain adalah menerima gaji bulanan. Alangkah baiknya jika gaji dapat dimaksimalkan manfaatnya untuk memenuhi seluruh kebutuhan.

Tapi, hasil kerja keras selama sebulan bisa terbuang sia-sia. Tren gaya hidup konsumtif di perkotaan kerap menarik sebagian besar pendapatan untuk kebutuhan sekunder. Sehingga, gaji seringkali sudah habis sebelum tanggal gajian berikutnya tiba.

gaji

Penggiat gerakan literasi keuangan perempuan Indonesia, Women Investment Series (WISE) dan juga Executive Vice President, Head of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank Indonesia, Rian Kaslan mengatakan, pendapatan bulanan harus diatur dengan baik. Banyak orang terlena saat tiba waktu gajian sehingga banyak melakukan pengeluaran yang tidak perlu.

“Pada intinya, mau gaji Rp 1 Juta ataupun Rp 10 Juta tiap bulannya tidak akan berpengaruh jika Anda tidak cermat dalam mengelola arus kas pribadi tiap bulannya,” kata dia dalam rilisnya.

Berikut, tips cerdas mengelola keuangan bulanan agar gaji tak cepat sekarat setiap awal bulan:

1. Sisihkan untuk tabungan

Jadikan menabung menjadi prioritas utama bagi Anda tiap bulannya. Besarnya persentase menabung setiap orang tentu berbeda-beda tergantung usia, status pernikahan hingga tanggungan anak. Idealnya 15 persen dari gaji setiap bulan, mengingat dalam satu dekade terakhir terjadi kenaikan harga barang yang cukup drastis di Indonesia.

2. Pilih kebutuhan daripada keinginan

Butuh atau ingin? Pernyataan ini sering kali terlupakan ketika hendak membeli suatu barang. Tak jarang hobi shopping yang Anda lakukan hanya memenuhi lemari. Supaya tak menyesal, ketika ingin membeli suatu barang saya sarankan untuk meminta pendapat dari orang terdekat Anda terlebih dahulu atau menunda membelinya dalam beberapa hari ke depan. Cara ini akan ampuh dalam membantu membantu Anda terhindar dari kebiasaan boros.

3. Buatlah anggaran belanja

Ingatlah selalu untuk tidak malas! Dengan menyusun anggaran belanja tiap bulan, Anda akan menyadari kebiasaan konsumtif yang biasa Anda lakukan. Oleh karena itu, catat semua pengeluaran rutin, yang mencakup anggaran primer (kebutuhan bulanan rumah tangga, tagihan air, listrik, uang transportasi dan sebagainya) dan anggaran tersier (shopping dan gaya hidup). Anggaran belanja akan mengajarkan Anda bagaimana Anda mengendalikan uang, bukan uang yang mengendalikan Anda.

4. Bunuh kebiasaan gengsi

Penampilan memang kadang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Akibatnya, pola pikir ini mempengaruhi Anda untuk membeli barang bermerek dan mahal demi menunjang penampilan. Jangan segan melepas gengsi itu dan membiasakan hidup sederhana.

Nah, selamat mencoba!

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)