Tips Tetap Aktif dan Sehat di Rumah Ala Startup Kesehatan

Carlo Tamba, Fitness Development Manager Fitco

Himbauan untuk membatasi diri ke luar rumah kini sedang ramai disuarakan oleh berbagai pihak agar tidak meluas penyebaran Virus Corona (COVID-19). Juga, kebijakan work from home yang sudah mulai dilaksanakan mulai dari pemerintah, instansi swasta dan lembaga lainnya.

Namun, bertahan di rumah bukan berarti ajakan untuk menjadi pasif dan diam berhari-hari di rumah. Anjuran ini justru mendorong kita untuk menjaga kebersihan di rumah dengan mengurangi risiko terpapar virus maupun ancaman kesehatan lain yang ada di luar rumah.

“Kekebalan tubuh merupakan salah satu aspek paling penting yang perlu secara terus-menerus dibangun, ditingkatkan dan dijaga untuk mempertahankan diri dari berbagai virus dan ancaman kesehatan di luar sana," ujar Carlo Tamba, Fitness Development Manager Fitco, startup yang berkomitmen pada produk gaya hidup aktif dan sehat.

Fitco sebelumnya bernama The Fit Company merupakan perusahaan rintisan. Resmi dibentuk awal tahun 2019, Fitco kini telah memiliki 4 lini bisnis utama, yang terdiri dari 20FIT (gym and fitness centre), Fit Gourmet (penyedia makanan sehat dan bernutrisi), Fitmee (mie instan sehat berbahan dasar shirataki), dan Fiyshop(portal penyedia produk harian terkait kesehatan). Melalui inovasi teknologi, Fitco menggabungkan ekosistem wellness dalam satu aplikasi mobile, untuk memberikan akses mudah bagi masyarakat yang ingin memiliki gaya hidup aktif dan sehat.

Carlo menambahkan, selain menerapkan perilaku menjaga kebersihan secara disiplin, sangat penting untuk mempraktikkan gaya hidup yang aktif melalui latihan fisik dan olahraga, istirahat cukup serta mengkonsumsi makanan bergizi.
Berikut beberapa langkah mudah yang direkomendasikan Fitco untuk menjaga diri agar dapat tetap aktif dan sehat meski sedang berada di rumah.

1. Mengatur Jadwal.
Saat berada di rumah, sangat sulit untuk menahan diri dari berbagai godaan yang cenderung mengajak bersantai dan bermalas-malasan. Untuk menyiasatinya, buatlah jadwal rutin yang mengatur waktu olahraga selayaknya mengatur jadwal harian. Terdengar ekstrim mungkin, tapi memasukkan jadwal latihan ke dalam agenda menunjukkan kalau kebugaran tubuh memang menjadi prioritas bagi kiya, bukan sekadar hobi.

2. Pilih Latihan Fisik/Olahraga yang Anda Sukai.
Untuk membantu memotivasi diri agar lebih disiplin, sesuaikan jenis latihan atau olahraga sesuai dengan minat agar mempunyai elemen yang menyenangkan dan tidak membebani. Jenis latihan fisik yang dilakukan juga dapat beragam, mulai dari intensitas rendah, sedang, hingga tinggi. Melakukan gerakan fitness/kebugaran sebaiknya lebih diperhatikan dibandingkan dengan olahraga permainan (seperti basket, tenis, sepakbola,) yang lebih berkonsep permainan untuk bertanding dan menang.

3. Lakukan Sesuai dengan Panduan Profesional.
Untuk memastikan latihan fisik efektif dan efisien, kamu bisa mengikuti panduan coach profesional. Tidak sulit untuk mencari informasi dan referensi panduan olahraga dari coach profesional meski sedang berada di rumah. Salah satunya bisa melalui konten workout at home yang bisa diakses dari berbagai kanal media sosial ataupun aplikasi olahraga.

4.Kualitas Alat Olahraga.
Jika ingin menggunakan alat bantu olahraga, jangan lupakan kualitasnya. Produk yang berkualitas umumnya lebih tahan lama dan tentunya memberikan kenyamanan dan kemudahan saat melakukan latihan. Untuk mengetahui kualitas dari alat olahraga yang digunakan, pilihlah alat olahraga melalui brand yang sudah dikenal.

5.Alokasikan Waktu untuk Istirahat.
Terlepas dari pentingnya menjaga kesehatan melalui aktif berlatih fisik, jangan pula lupa untuk alokasikan waktu untuk beristirahat. Waktu istirahat diperlukan untuk mengistirahatkan seluruh otot yang mungkin tegang akibat berolahraga.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)