Trans Corp Jadi Pemegang Saham Tunggal Terbesar Carrefour Indonesia

Trans Corp akuisisi Carrefour melalui anak perusahaannya, PT Trans Retail, melakukan pembelian 40% saham perusahaan asal Perancis tersebut. Dengan demikian, Trans Corp menjadi pemegang saham tunggal terbesar. Sedangkan saham lainnya dipegang oleh Carrefour S.A 39%, Carrefour Nederland B.V 9,5%, dan Onesia B.V 11,5%.

Adapun Chairul Tanjung, pendiri Para Group,  akan menjabat Presiden Komisaris dari PT Carrefour Indonesia, sedangkan Jenderal (Purnawirawan) A.M Hendropriyono dan mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia S. Bimantoro ditetapkan sebagai Komisaris. "Ini sejalan dengan idealisme, Carrefour sebagai perusahaan internasional diisi oleh tokoh-tokoh hebat nasional," ujar Chairul.

Hal ini merupakan titik balik bagi sejarah bisnis di Indonesia, di mana sebuah perusahaan swasta nasional mengambil alih sebagian kepemilikan dari perusahaan Multinasional. "Saya berharap dengan akuisisi ini dapat membangkitkan semangat perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia untuk terus tumbuh menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan menjadi kebanggan bangsa," Chairul memaparkan.

Nilai akuisisi berkisar antara 300-400 juta eEuro dengan dana yang berasal dari modal dan pinjaman. "Proses Carrefour ini kurang dari tiga bulan mulai dari bicara sampai transaksi. Sudah ditandatangani, namun jumlahnya belum pasti," tutur Chairul. Trans Corp mendapat pinjaman sebesar US$ 350 juta berasal dari Citibank, JP Morgan, Credit Suisse,dan ING.

Dikemukakan pula oleh Chairul, nantinya Carrefour akan memperhatikan kepentingan nasional dalam menjalankan bisnis retailnya bersama Carrefour. Salah satunya adalah membuka Pojok Rakyat di setiap Carrefour dan menyediakan sembako dengan harga terbaik.

Trans Corp pun akan menerbitkan global bond pada Juni tahun ini melalui Trans Media, dengan underwriter (penjamin emisi) empat bank yang memberikan pinjaman dana untuk akuisisi Carrefour. "Nilai global bond menunggu negosiasi dengan underwriter," ungkap Chairul. Ia menambahkan, penerbitan global bond dilakukan untuk membayar hutang serta ekspansi perusahaan. Terkait dengan penerbitan tersebut, Trans Corp juga akan melakukan roadshow ke beberapa negara di Asia, Eropa dan Amerika seperti Singapura, Hongkong, Paris, New York dan San Francisco. Trans Corp juga akan membangun Trans Studio di 20 kota besar di Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)