Unik, WRP 'Tinggalkan' Promo Radio dan Cetak

Ada yang berbeda dalam proses pemasaran produk diet WRP milik PT Nutrifood Indonesia. Menyangsa kalangan wanita yang peduli dengan berat badan, di 2011, 'petinggi' WRP menolak untuk berpromosi via radio dan media cetak. Produk yang diluncurkan Februari 2011 di Indonesia itu memilih cara unik. Apakah itu?

Hingga saat ini sudah ada 10 jenis WRP yang ditawarkan yang terbagi atas beberapa jenis program. Untuk program penurunan berat badan (weight loss program) ada WRP 6 Day, WRP Nutritious Drink, WRP New Mom, WRP Cookies, WRP Diet Tea, WRP Skin 2 C, WRP Diet To Go. Untuk program pembentukan badan ada WRP Body Shape. Untuk menjaga kelangsingan tubuh ada WRP Stay Slim, WRP Vanilla Peach.

Meski menjadi buah bibir masyarakat luas, WRP tak menggunakan banyak media untuk promosi. Untuk aktivitas above the line (ATL), WRP hanya mengandalkan media televisi dan media nonperiodik seperti billboard. Tahun ini, WRP tak beriklan di radio dan media cetak. Selain karena alasan efisiensi pengeluaran perusahaan, produk WRP dirasa lebih mengena jika ditayangkan melalui media audio visual seperti televisi. Untuk billboard, diharapkan orang yang melihat akan semakin familiar dengan produk yang diluncurkan. “Radio dan media cetak, untuk sementara ini, tidak kami gunakan. Kami lebih banyak ke televisi dalam beriklan. Jika dibandingkan tahun lalu dampaknya bahkan lebih besar ” ujar Elisa Halim, Brand Manager WRP, PT  Nutrifood Indonesia.

Iklan di telivisi sangat memberikan pengaruh yang besar khususnya dalam promosi, meraih lebih banyak konsumen dan membangun merek. WRP juga tidak lupa menggandeng media sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain alat promosi, jejaring sosial mampu mendekatkan masyarakat dengan merek. Caranya, tim WRP berbagi tim dan informasi seputar diet dan kesehatan sehingga masyarakat diharapkan jatuh cinta dengan produk tersebut.

Berbicara tentang aktivitas below the line (BTL), WRP tak banyak melakukan acara-acara khusus untuk menarik perhatian khalayak ramai. Diakui Elisa, WRP justru tak pernah menyelenggarakan acara seperti kumpul komunitas atau sejenisnya. WRP lebih banyak bekerja sama untuk acara diskusi dengan ahli kesehatan, nutrisi serta kecantikan. WRP juga bekerja sama dengan bidang akademis riset ilmiah. Misalnya tentang diet dan pola hidup sehat. Tahun lalu, WRP rajin menyelenggarakan WRP Lounge di pusat perbelanjaan.

WRP juga selalu melakukan promo program di outlet WRP dengan menggunakan gimmick. Contohnya WRP Diet To Go yang mengusung kepraktisan, jadi gimmick produk ntuk wanita yang sibuk dengan memberikan bag organizer.

Keberhasilan WRP sebagai produk yang direkomendasikan, kata Elisa, tak terlepas dari peran setia para konsumen. Ada beberapa konsumen WRP yang telah berpuluh tahun mengkonsumsi WRP, menjalankan program yang diajurkan sehingga memiliki postur tubuh yang ideal. Lalu konsumen tersebut menyarankan ke keluarga teman arisan, hingga teman kerja untuk mengkonsumsi WRP. (Acha)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)