Utang Spanyol 72,1% Dari PDB

Bank sentral Spanyol pada Jumat (15/6) mengumumkan utang negeri Matador itu tercatat 72,1% dari produk domestik bruto (PDB) pada kuartal 1 2012 dari 63,6% pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Utang publik di negara itu mencapai 79,8% dari PDB pada akhir tahun, angka yang tidak termasuk dampak dari pinjaman zona euro hingga  EUR 100 miliar (US$ 126 miliar) untuk sektor perbankan Spanyol yang kesulitan.

Moody's sebelumnya memproyeksikan defisit publik Spanyol akan mencapai 90% dari PDB tahun ini dan terus meningkat sampai 2015. Lembaga pereting itu memangkas peringkat kredit Spanyol tiga tingkat dari A3 menjadi Baa3 atau tingkat terendah "investment grade", satu tingkat di atas grade (status) "sampah" atau "spekulatif".

Utang Spanyol meningkat pesat sejak runtuhnya gelembung properti pada 2008 yang mengirim ekonomi terbesar ke-4 zona euro itu ke dalam kekacauan. Pendapatan pajak jatuh dan pengeluaran untuk tunjangan pengangguran melonjak.

Spanyol memasuki resesi kedua dalam tiga tahun selama kuartal 1 dan sedang kesulitan dengan tingkat rekor pengangguran 24,4%, tingkat tertinggi di Eropa. (AFP/Lila Intana)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)