World Bank: Krisis Eropa Menular ke Krisis Global

Menandai hari pertamanya sebagai Presiden World Bank (Bank Dunia) yang baru, Jim Yong Kim, memperingatkan bahwa krisis keuangan zona euro menimbulkan risiko krisis ekonomi global.

Karenanya Kim mendesak negara-negara Eropa segera bertindak untuk memulihkan stabilitas. Menurutnya ekonomi dunia masih sangat rentan. “World Bank memiliki sebuah kewajiban untuk membantu mengatasi risiko terhadap pertumbuhan global, di mana pun mereka muncul," kata Kim di Washington, Selasa (3/7).

Kim yang merupakan seorang dokter dan spesialis kesehatan global, terpilih mengungguli dua ekonom paling dihormati untuk posisi itu. Ia berjanji akan memimpin World Bank selaku pemberi pinjaman global untuk membantu negara-negara berkembang mempertahankan kemajuan. "Saya akan memastikan bahwa kami menciptakan firewall ekonomi baru, salah satu yang melindungi orang di negara berkembang terhadap guncangan,” katanya.

Kim akan fokus pada ancaman pengaruh krisis zona euro ke ekonomi global, seperti yang telah digemakan pendahulunya, Robert Zoellick, berulang kali dalam beberapa bulan terakhir. Menurutnya, pola pembuatan kebijakan di Eropa meningkatkan ketidakpastian dan membuat pasar lebih gugup, yang memiliki umpan balik negatif. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)