XL Bangun BTS ke-20 Ribu di Banten

 

Kawasan Jawa Barat dan Banten bagian Selatan menyimpan banyak potensi ekonomi baik pariwisata maupun pertanian. Namun, banyak daerah di kawasan itu yang masih minim sarana transportasi dan telekomunikasi. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL) menjadi tertantang ikut mendorong pembangunan di daerah itu melalui penyediaan jaringan telekomunikasi, antara lain di sekiter lerang Gunung Halimun, perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak - Banten.

 

Sebagai implementasinya, XL membangun BTS (Base Transceiver Station) di desa adat Kasepuhan Ciptagelar, tidak jauh dari Taman Nasional (TN) Gunung Halimun. Direktur Network XL, Dian Siswarini dan Pemuka Adat Ciptagelar, Ugi Sugriana Rakasiwi (Abah Ugi), meresmikan beroperasinya BTS tersebut yang sekaligus merupakan BTS XL ke-20.000 (2G/3G).

 

Dian  mengungkapkan, pihaknya merasa bangga bisa hadir melayani warga Kasepuhan Ciptagelar dan warga desa-desa di lereng Gunung Halimun ini. Di desa yang eksotis tersebut, pihaknya berharap kehadiran XL melalui BTS ke-20.000, bisa memenuhi kebutuhan warga sekitar atas jaringan telekomunikasi, termasuk internet, untuk berbagai keperluan termasuk konservasi lingkungan dan adat.

 

Dengan masuknya jaringan XL ini, bersama warga Ciptagelar, warga di kampung-kampung sekitarnya akan bisa memanfaatkan teknologi komunikasi seluler guna menunjang aktivitas perekonomian dan sebagainya.

 

BTS XL yang terletak di puncak sebuah bukit tidak jauh dari perkampungan Ciptagelar ini akan mampu melayani hingga sekitar 1200 pelanggan dalam radius 3 km. Kasepuhan Ciptagelar merupakan desa adat yang hingga kini berhasil mempertahankan adat istiadatnya, meski tidak menutup diri dari peradaban dan kemajuan teknologi. Kasepuhan ini sendiri meliputi wilayah yang secara geografis dan administratif masuk baik kabupaten Sukabumi maupun kabupaten Lebak.

 

Berbarengan dengan peresmian infrastruktur jaringan tersebut, XL juga menyerahkan donasi pendidikan berupa komputer dan koneksi internet bagi sekolah adat yang dikelola secara swadaya oleh warga Ciptagelar. Sekolah ini memiliki kurikulum pendidikan yang di sesuaikan dengan kebutuhan adat. Pelajarannya sesuai dengan norma dan nilai adat setempat. Donasi ini merupakan bagian dari Program XL Komputer untuk Sekolah (KuS).

 

Mengingat medan yang cukup berat untuk mencapai Ciptagelar dan tidak memungkinkan hanya menggunakan kendaraan biasa, rangkaian kegiatan XL kali ini didukung pula oleh komunitas penggemar offroad. Bersama komunitas ini, XL juga mendonasikan 1000 bibit pohon Suren dan Manglid untuk di tanam di sekitar BTS.

 

Layanan XL hadir di Sukabumi sejak 2001. Didukung dengan 115 BTS, XL melayani sekitar 400 ribu pelanggan di 380 desa, 52 kecamatan di seluruh Sukabumi. Sementara itu, dengan berdirinya BTS baru ini yang secara geografis berlokasi di wilayah Lebak, kini layanan XL di kabupaten ini menjangkau sekitar 130 ribu pelanggan di 345 desa dan 27 kecamatan.

Tags:
BTS XL Axiata

Leave a Reply

1 thought on “XL Bangun BTS ke-20 Ribu di Banten”

didepan rumah ane bakal dibangun BTS dari proveder Xl, crita punya crita si pemborong / SITAC BTS itu minta persetujuan warga, karena kompensasi disama ratakan trus warga yang berada diradius terdekat tidak setuju ama kompensasi tersebut, dengan kata lain minta yang lebih gede, trus lagi ane yang diminta ngusulin itu keinginan. esoknya warga yang pengen itu uang dipanggil satu-satu, diberi kompensasi/ digedein itu permintaan kalopun tidak sesuai harapan, trus tanda tangan yang berarti setuju. tapi yang buat ane bingung, kok ane kagak dianggil, jangankan diberi kompensasi, dimintai persetujuan aja kagak, padahal tu BTS bakal berdiri didepan rumah pekarangan keluarga ane. gimana tu Agan-agan sekaliyan, ane harus bikin apa?, kok ane kagak dianggep. kasih masukkan dong. thank's sebelumya. Sitac PT. Towerindo Konvergensi berkantor di JKT selatan. BTS bakal dibangun dipinggiran kota Pekalongan,
by ulun, 29 Aug 2010, 12:09

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)