Listed Articles

XL Bukan Ancaman Telkomsel Pasarkan iPhone di Indonesia

XL Bukan Ancaman Telkomsel Pasarkan iPhone di Indonesia

Kehadiran XL sebagai distributor baru untuk iPhone, tidak dianggap sebagai ancaman oleh Telkomsel. Gideon Edie Purnomo, VP Channel Management Telkomsel, justru mengaku edukasi pasar lebih mudah lantaran adanya pemain baru. “Kami tidak ada masalah, justru malah menjadi baik karena ada persaingan,”katanya.

Telkomsel merupakan distributor iPhone pertama kali di Indonesia. Namun demikian, ini bukan berarti Telkomsel punya eksklusivitas. Pasalnya, Apple juga menunjuk PT XL Axiata untuk memasarkan iPhone 4. “Ini merupakan bagian strategi dari mereka (Apple) juga,” imbuh Gideon. Adanya dua provider yang memasarkan iPhone akan memperbesar peluang berkembangnya smartphone tersebut di Indonesia. Sebab, dua provider akan bertarung untuk edukasi pasar dan menjual produk. “Mungkin waktu awal masuk, Apple memilih bekerja sama dengan market leader, Telkomsel,” ucap Gideon menafsirkan.

Itulah sebabnya, guna memenangkan persaingan, Telkomsel menekankan pada kualitas jaringan. Salah satu caranya,Telkomsel meningkatkan kapasitas jaringan menjadi 44 kuota broadband dengan coverage 3G. Sebanyak 30% dari total BTS yang dimiliki Telkomsel sudah berteknologi 3G. Telkomsel pun sudah membangun BTS hingga 8.000-10.000 BTS di seluruh Indonesia. “iPhone kan digunakan untuk browsing dan segala macamnya. Jadi kalau orang mau pakai iPhone ya harus pakai provider yang mempunyai jaringan yang bagus,” dia menandaskan.

Gideon menambahkan, setelah itu iPhone ingin melebarkan pemasaran dengan menggaet provider lain. Itu semua tergantung dengan keputusan iPhone dan bukan hak Telkomsel untuk menentukannya. “Saya lebih senang memakai kata kami menghargai keputusan iPhone sebagai partner bisnis,” jelasnya.

Gideon mengklaim, pada peluncuran perdana (15 Mei 2011) iPhone 4 white edition, Telkomsel sudah menjual 10.000 unit. Guna terus bersaing di ketatnya pasar Iphone, Telkomsel juga mengevaluasi dan membenahi berbagai hal dari pemasaran iPhone yang terdahulu. “Mulai dari treatment terhadap distributor, promosi, paket yang ditawarkan juga baru kepada pelanggan,” ujarnya tanpa menjelaskan lebih detail.

Untuk paketnya sekarang, Telkomsel memberikan gratis unlimited data selama 12 bulan, gratis bicara hingga 600 menit dan gratis SMS hingga 2.000 SMS. Ini untuk menjawab kebutuhan pasar, di mana paket unlimited lebih dibutuhkan ketimbanga volume based. Kalau dulu hanya 500 Mb dengan volume based, sekarang unlimited dengan kuota 1 Gb. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved