XL Rangkul Penerbit Sediakan Layanan XL BACA

Menjawab kebutuhan masyarakat atas layanan seluler yang komplit dan mampu mendukung aktivitas mereka yang semakin mobile, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan layanan data Digital Reading “XL BACA”. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyajikan konten berupa materi publikasi dalam format digital baik majalah, suratkabar, maupun buku. XL bekerjasama dengan 6 penerbit terkemuka di Indonesia untuk menyediakan konten-konten tersebut.

Dengan digital reading XL BACA, kita dapat menyaksikan betapa kebiasaan masyarakat dalam membaca pelan, tapi pasti telah bergeser, dari data berformat tercetak menjadi ke materi digital. Memang, mobilitas masyarakat yang semakin tinggi dan ketersediaan teknologi digital memungkinkan cara yang lebih mudah dalam mengakses data, termasuk ketika dalam kondisi mobile.” ujar Direktur Pemasaran XL Nicanor V Santiago.

Dijelaskannya, aplikasi XL BACA akan bisa diakses melalui berbagai model handset, baik tablet maupun ponsel data. Pada tahap awal, XL BACA tersedia dalam paket bundling Huawei S7 yang belum lama berselang diluncurkan untuk pertama kali di Indonesia. Selanjutnya, pada April 2011 nanti XL BACA juga akan tersedia dalam format yang bisa diakses di berbagai model smartphone.

Adapun para penerbit yang akan menyediakan konten untuk XL BACA adalah Kompas Gramedia (buku), Mizan Digital Publishing (buku), MRA Printed Media (majalah), Tempo (majalah dan surat kabar), The Jakarta Post (suratkabar), dan Tiga Serangkai (buku). Mulai April 2011 nanti, total akan tersedia 25 majalah, 2 suratkabar, dan sedikitnya 900 judul buku.

Tarif yang dikenakan untuk bisa menikmati perpustakaan digital dari XL ini juga murah. Untuk mengunduh (pay per download) konten, pelanggan akan mendapatkan tariff 20%-40% lebih murah dari harga format cetak. Untuk konten buku, apabila “menyewa” bulanan, pelanggan akan mendapatkan tarif yang lebih murah lagi, bisa menghemat hingga 75-85% dari harga edisi cetak atau sekitar Rp2.500 – Rp 17.000 saja. Sementara itu, untuk konten majalah dan suratkabar, pelanggan akan mendapatkan discount 10-20% lagi dari tarif “pay per download” apabila berlangganan 1 dan 3 bulan.

XL BACA sekaligus juga akan menjadi sarana XL dalam ikut mengangkat kembali budaya- budaya lokal yang sudah mulai ditinggalkan. Salah satu buku yang juga bisa dinikmati melalui XL BACA adalah buku berjudul “Srimulat – Aneh yang Lucu”, yang berkisah mengenai perjalanan kelompok seni dan lawak Srimulat. Buku yang di dalamnya syarat dengan nilai-nilai kearifan lokal yang berhasil mendorong kesuksesan kelompok Srimulat ini sangat inspiratif dan layak menjadi referensi generasi muda.

Kehadiran XL BACA sekaligus semakin mengukuhkan komitmen XL dalam melahirkan layanan-layanan data yang berkualitas dan sarat manfaat bagi pelanggan dan masyarakat. Sebelumnya XL juga telah meluncurkan portal XLgo! yang memudahkan pelanggan XL dalam mengakses semua layanan data yang tersedia. Saat ini pelanggan data XL telah mencapai 27 juta, yang didukung oleh jaringan yang berkualitas dengan BTS sebanyak 22.191 (2G/3G) di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)