Yakub Bobat: HSBC Syariah Akan Berkembang di Sini

Hongkong Shanghai Bank Corp. (HSBC) termasuk bank asing yang agresif menggarap perbankan syariah. Dengan kondisi bisnis ini yang masih dalam taraf pertumbuhan, potensi pasarnya mereka nilai sangat besar. Seperti apa optimisme mereka terhadap perbankan syariah di Indonesia, berikut ini pertikan wawancara SWA Radito A. Wicaksono dengan Yakub Bobat, Global Head of Commercial Banking HSBC Syariah:

Bagaimana potensi pasar perbankan syariah di Indonesia?

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar bagi perbankan syariah. Sebab, negeri ini memiliki jumlah populasi muslim terbesar di dunia.

Yakub-Bobat, HSBC

Secara demografi, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan perbankan syariah. Selain karena jumlah populasi masyarakat muslimnya, juga pasar perbankan syariah di sini masih muda, sehingga masih bisa berkembang lebih jauh. Saat ini, pasar perbankan syariah di Indonesia sedang tumbuh dan berkembang. Berkembangnya sistem keuangan Islam atau syariah ini disebabkan oleh sedikit banyak karena dari hari ke hari nilai-nilai Islami di dalam kehidupan masyarakat Indonesia semakin bertumbuh.

Terlebih, Pemerintah Indonesia di sini sangat mendukung akan sistem perbankan syariah ini. Melalui Bank Indonesia, pemerintah mengeluarkan regulasi yang sangat berpihak kepada pelaku perbankan syariah.

Mengapa porsinya di Indonesia masih kecil jika dibandingkan dengan bisnis perbankan secara umum?

Pasar perbankan syariah di Indonesia dapat dikatakan sebagai pasar perbankan syariah yang masih “muda”, sehingga saat ini terlihai porsinya belum terlalu besar. Akan tetapi, di satu sisi perbankan syariah di Indonesia masih akan terus tumbuh dan berkembang. Saya melihat sendiri, semakin hari, pasar perbankan syariah di Indonesia terus tumbuh dan berkembang secara pesat.

Apabila dibandingkan dengan kondisi perbankan syariah di negara lain yang sudah lebih lama menerapkan sistem perbankan Islam, seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Banglades, dan Malaysia, memang Indonesia masih tergolong muda dan memiliki porsi yang lebih kecil. Itu disebabkan adanya perbedaaan karakter pasar perbankan syariah di negara-negara tersebut dengan di Indonesia. Tingkat kepeduliaan atau awareness masyarakat mereka terhadap perbankan syariah sudah lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Selain itu, hal utama yang membedakan karakter di negara-negara tersebut dengan di Indonesia adalah masalah kesiapan atau readyness. Indonesia jelas belum sesiap negara-negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Banglades, dan Malaysia.

Apa yang harus dilakukan oleh para pemain di bisnis perbankan syariah?

Beberapa hal yang semestinya dilakukan oleh para pemain bisnis perbankan syariah untuk meningkatkan dan mengembangkan pasarnya adalah dengan membangun tingkat kepedulian atau awareness dan memberikan pengetahuan akan sistem perbankan syariah kepada masyarakat. Selain itu, juga diharapkan agar para pemaindi bisnis ini melakukan hal yang sama, dengan saling memberikan informasi dan pengetahuan tentang perbankan syariah. Para pemain di bisnis ini juga harus memiliki solusi produk yang ditawarkan secara komprehensif, atau bisa disebut sebagai end to end product solutions. Selain itu, kolaborasi antara pemainnya dengan para stakeholder sangat-sangat diharapkan berjalan sebaik mungkin.

Terakhir, perlunya peran pemerintah atau para regulator untuk membantu dalam meningkatkan pasar perbankan syariah dan peraturan yang sedikit berpihak kepada para pemain di bisnis ini dalam rangka mengembangkan perbankan syariah ini sendiri.

Apakah Anda optimis bisnis HSBC Syariah akan berkembang bagus di Indonesia?

Ya, saya sangat yakin dan optimis bahwa HSBC Syariah akan terus berkembang di Indonesia. Selain karena faktor demografi dan kondisi perbankan syariah di Indonesia yang mencerminkan pertumbuhan yang sangat baik, juga pengalaman yang dimiliki oleh HSBC di bisnis ini di Indonesia. Apalagi, untuk saat ini, tidak banyak bank asing yang memiliki perbankan syariah di Indonesia yang juga memiliki pengalaman selama HSBC. Dengan expertise seperti itulah, saya yakin HSBC syariah akan terus berkembang.

Apa yang dilakukan HSBC untuk meningkatkan pasarnya di perbankan syariah di Indonesia?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, di antaranya membangun kepedulian atau awareness dan memberikan pengetahuan akan sistem perbankan syariah kepada masyarakat, serta memberikan produk solusi bagi para pelanggan.

HSBC Amanah juga membuka keran pembiayaan lebih luas. HSBC Amanah saat ini memang lebih masuk ke dalam pasar ritel dan korporasi. Selain itu, HSBC Amanah juga mulai mengeluarkan produk pembiayaan baru seperti warehouse financing, kredit pemilikian rumah (KPR), serta sejumlah produk berbasis akad murabahah dan mudharabah.

Untuk pasar ritel, HSBC Amanah juga masuk ke pasar yang berbeda dengan bank syariah lainnya. Segmen pasar yang dibidik HSBC Amanah adalah kalangan menengah ke atas dan terfokus di beberapa kota besar. Selain itu HSBC Amanah juga memanfaatkan banyaknya jaringan yang dimiliki untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada para nasabah. Sementara itu, perluasan jaringan dakan mengikuti rencana bank induk.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)