Zuckerberg Warisi Kiat Bisnis dari Steve Jobs

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengaku memperoleh banyak nasihat bisnis dari mendiang Steve Jobs, pendiri Apple Inc. Pria yang mempopulerkan perangkat iPod, iPhone dan iPad ini mengajarkan Zuckerberg bagaimana fokus dalam berbisnis dan membangun tim manajemen yang kuat agar menjadi jejaring sosial terbesar di dunia.

“Ada banyak pertanyaan yang saya ajukan untuk dia (Steve Jobs),” ujar Zuckerberg dalam sebuah wawancara dengan Charlie Rose, seperti yang diungkapkan Bloomberg. Topik tersebut, ungkap Zuckerberg, terkait membangun tim dan fokus dalam menciptakan bisnis yang berkualitas. Seperti yang diceritakan Walter Isaacson, penulis biografi Steve Jobs, CEO Facebook itu dikagumi Steve Jobs karena berani mempertahankan perusahaan, tidak tertarik untuk menjual Facebook.

Zuckerberg, 27 tahun, yang tercatat sebagai pria terkaya nomor 14 menurut majalah Forbes, meminta nasihat Steve Jobs dalam bersaing dengan Google Inc. Zuckerberg juga meminta saran agar perusahaan dapat siap untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO) awal tahun depan. “Kami juga berbicara soal estetika dan misi orientasi perusahaan,” kata Zuckerberg lagi. Selain itu, ia membantah Jobs mengajukan tawaran akuisisi Facebook oleh Apple.

Berbicara soal saingan dengan Google Inc, Zuckerberg mengaku tidak takut. “Google, saya pikir, dalam beberapa cara, menciptakan versi kecil dari Facebook. Saya melihat Amazon dan Apple sebagai sesuatu yang selaras dengan kami.”

Meskipun begitu, ambisi Facebook untuk meraup untung pun tinggi. “Kami telah membuat janji eksplisit kepada investor dan karyawan kami untuk memberikan kompensasi berupa ekuitas. Di saat yang sama, kami ingin membuat ekuitas itu bernilai secara public maupun liquid way,” tegas Zuckerberg.

Tak hanya itu, pria lajang itu juga menyebutkan bahwa Facebook belum mau fokus untuk masuk ke pasar Cina. Apalagi dengan ketatnya pemblokiran situs disana, tidak ada jalan bagi Facebook untuk menyediakan layanan di Cina. Meskipun, kemungkinan itu tidak sepenuhnya tertutup. “Di titik tertentu, saya berpikir ada beberapa diskusi yang berhubungan dengan di sana. Karenanya, kami akan mencari tahu apa yang bisa kami lakukan.” Facebook mencoba memposisikan diri sebagai pemain utama di dunia web dan sebagai penghubung antar masyarakat, terutama dalam pertukaran informasi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)