Zurich Optimis Masuk Top 10 Pasca Akuisisi Adira Insurance

Chris Bendhl, CEO Zurich Topas Life & Country Manager Zurich Indonesia

Sejak ditandatangani pada September 2018 lalu, proses akuisisi 80% saham Adira Insurance oleh Zurich Indonesia belum menemui titik final. "Hal ini wajar karena ini adalah sebuah transaksi besar bahkan terbesar dalam industri perbankan dan asuransi di Indonesia, kami targetkan akan selesai pada akhir 2019 ini," ungkap Chris Bendhl, CEO Zurich Topas Life & Country Manager Zurich Indonesia.

Meski demikian, Chris optimis kelak bersama Adira Insurance pihaknya bisa masuk dalam daftar 10 besar asuransi umum di Indonesia. "Walaupun kini performa Zurich baik asuransi jiwa maupun asuransi umum masih melambat tetapi setelah bergabung dengan Adira kami optimis masuk 10 besar di tahun 2022 nanti," jelasnya.

Pada tahun 2018, Pendapatan Premi (GWP) bisnis Asuransi Jiwa Zurich atau ZTL tumbuh 45% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini jauh di atas rata-rata pertumbuhan industri asuransi jiwa pada tahun 2018 sebesar -5%. Selain itu, Asuransi Umumnya atau ZII tumbuh 18% dalam GWP dari tahun sebelumnya, disaat industri asuransi umum hanya bertumbuh sebesar 9%. "Selama 3 tahun kebelakang, bisnis Asuransi Jiwa dan Asuransi Umum kami tumbuh di atas industri,” tutur Hilman Simanjuntak – Chief Finance Officer PT Zurich Insurance Indonesia.

Bisnis Asuransi Jiwa secara khusus mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2018. Dari tahun ketahun Agen ZTL bertumbuh dari 4,677 hingga 5,630, dimana 1,058 nya merupakan agen aktif. Selain itu, kami juga berhasil mencetak 138 agen Million Dollar Round Table (MDRT). Dengan pencapaian ini Agency Zurich pun berhasil masuk menjadi Top 10 di industri asuransi jiwa. Pada tahun 2018 lalu ZTL juga memulai inisiatif Agen One Zurich, yang menawarkan produk asuransi jiwa dan umum.

Dengan pencapaian pertumbuhan bisnis yang baik pada tahun lalu, Zurich Indonesia optimis bisnis asuransi akan bertumbuh dengan optimal pada tahun ini. Zurich Indonesia melihat potensi yang luar biasa pada market Indonesia, dan berkomitmen untuk senantiasa mengembangkan strategi yang lebih kuat demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk Nasabah.

“Pada tahun 2018 bisnis asuransi umum dan asuransi jiwa kami membentuk sinergi untuk mewujudkan proposisi nilai One Zurich – Growth with Purpose bagi Nasabah, mitra bisnis dan pemegang saham. Dengan pendekatan ini, kami bergerak sebagai satu perusahaan dengan satu fokus, yaitu untuk memberikan nilai tambah kepada Nasabah. Kami membuat Nasabah kami menjadi fokus utama dari seluruh bisnis kami.” jelas Chris Bendl.  

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)