Zynga 'Mesra' dengan Goldman Sachs demi IPO

Zynga Inc, produsen game online populer, dalam pembicaraan dengan Goldman Sachs Group Inc, untuk memimpin penawaran umum perdana (IPO) mereka dan memberikan batas kredit lebih dari US$1 mliar untuk kepentingan akuisisi. Goldman Sachs diharapkan segera mengambil keputusan untuk kerja sama atau tidak.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh 'orang dalam' yang tidak disebutkan namanya kepada Bloomberg. Zynga yang membuat game terbesar bagi situs Facebok, mempersiapkan pengajuan IPO hingga akhir bulan ini. Memang, beberapa perusahaan media sosial mengantre untuk melakukan IPO setrelah saham LinkedIn Corp, situs jejaring sosial khusus pekerja profesional, mengalami peningkatakn dua kali lipat dalam debut mereka dua minggu lalu.

Situs kupon online terbesar di dunia, Groupon Inc, mengumumkan pula rencana mereka untuk meningkatkan nilai perusahaan hingga US$ 750 juta dalam IPO. Layanan musik streaming, Pandora, seperti tidak mau kalah turut berambisi mendapatkan nilai hingga US$ 123,2 juta. Dilaporkan akhir minggu lalu, Zynga sempat bertemu dengan representatif Goldman Sachs dan Morgan Stanley, keduanya berbasis di New York, untuk memilih bankir mereka. Morgan Stanley, Goldman Sachs dan Credit Suisse Group AG merupakan pihak penjamin IPO Groupon.

Dani Dudeck, juru bicara Zynga yang berbasis di San Francisco, menolak berkomentar. Hal yang sama juga dilakukan juru bicara Goldman Sachs, Andrea Rachman. Zynga memiliki 242,1 juta pengguna aktif per bulan di Facebok, berdasarkan keterangan AppData.com. Zynga juga memiliki tiga dari empat aplikasi paling populer di dunia yaitu 'CityVille, 'FarmVile' dan Texas HoldEm Poker'.
Game tersebut pada dasarnya gratis untuk digunakan. Perusahaan menghasilkan uang dengan menjual produk secara digital dalam aplikasi itu jika pemain ingin mencapai tingkat yang lebih tinggi. Pasar barang virutal di seluruh dunia diperkirakan mencapai dua kali lipat hingga US$ 20,3 miliar di 2014 dari US$ 9,28 miliar pada tahun lalu, berdasarkan keterangan ThinkEquity LLC, perusahaan penelitian yang berbasis di San Francisco.

Zynga telah mengakuisisi 10 perusahaan pada tahun lalau untuk membantu mereka memperluas jaringan permainan di Facebook ataupun aplikasi smartphone. Zynga membeli Newtoy Inc, produsen aplikasi 'Words With Friends' pada Desember lalu. Empat bulan selanjutnya, Zynga mengakuisisi Wonderland Software, produsen 'GodFinger'.

Valuasi Zynga diperkirakan US$8,2 miliar di SharesPost Inc, bursa yang menghubungkan produsen dan pembeli perusahaan swasta. Valuasi itu menjadikan Zynga sebagai perusahaan game paling bernilai kedua di AS. Zynga sebelumnya merekrut mantan Chief Opeating Officer Electronic Arts, John Schappert, sebagai eksekutif senior. Electronic Inc mendapatkan valuasi US$8,1 miliar di Nasdaq Stock Market.

Zynga didukung oleh perusahaan Foundry roup, Union Square Ventures, Kleiner Perkins Caufield & Byers, Institutional Venture Partners dan Andreessen Horowitz. Digital Sky Technologies, perusahaan raksasa Rusia, dan Google Inc juga pemilik saham Zynga. Februari lalu, Zynga sempat menyebutkan meningkatan p[endanaan pada valuasi, sekitar US$ 10 miliar dari T. Rowe Price Group Inc dan Fidelity Investments.

Leave a Reply

1 thought on “Zynga ‘Mesra’ dengan Goldman Sachs demi IPO”

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)