Menkominfo Respons Startup PHK Banyak Karyawan

Menkominfo Jhony G. Plate memberikan respons terhadap stratup yang banyak mem-PHK karyawan. Menurutnya efisiensi tidak sama dengan layoff atau PHK. (Foto Dok Kemenkominfo)

Menjelang akhir tahun 2022, banyak usaha rintisan atau startup melakukan efisiensi dengan PHK karyawannya. Beberapa dilakukan oleh startup besar seperti Goto, Shopee, Ruangguru, Ajaib, Sirclo, dan Grab. Menkominfo Jhony G. Plate memberikan respons terkait hal ini. 

Menurut Menkominfo, pandemi Covid-19 dan perubahan geopolitik di Ukraina yang berdampak terhadap supply chain, finansial, inflasi dan krisis energi mengakibatkan tekanan ekonomi di semua negara. Menghadapi tantangan global ini, Johnny G. Plate mendorong startup digital melakukan aksi untuk resiliensi salah satunya efisiensi tanpa melakukan pemutusan hubungan kerja.

Mengenai efisiensi dengan melakukan PHK, Menkominfo mengharapkan agar pelaku startup digital bisa menerapkan strategi agar tetap menjaga model usaha yang resilien. Dalam menghadapi tantangan ekonomi, Menkominfo mengingatkan agar tech startup tidak hanya menyelamatkan satu persoalan tapi membuat persoalan baru yang lebih besar.

"Jadi tantangannya di satu sisi terjadi stagflasi, di sisi yang lain, kita di dalam negeri masih bisa bertahan. Kita bisa lakukan efisiensi, tapi efisiensi tidak sama dengan layoff (PHK).  Jadi tolong kita perhatikan baik-baik," ujar Menkominfo dalam Forum Ekonomi Digital Kominfo V. 

Oleh karena itu, Menteri Johnny mengajak pendiri tech startup, eksekutif, investor, inkubator, asosiasi, dan pemerintah terus mendorong ekosistem ekonomi digital tetap resilien. Kolaborasi multipihak penting untuk menjaga resiliensi. 

Menkominfo mengajak pelaku startup digital mencari jalan baru dan model usaha yang inovatif, mampu mendisrupsi pasar, dan memberikan solusi bagi berbagai permasalahan masyarakat. Inovasi dibutuhkan agar dapat tumbuh melaju pada lintasan sektor ekonomi digital yang lebih resilien.

Menteri Johnny menyatakan Indonesia bisa dan mampu menghadapi tantangan global dengan kolaborasi dari sektor digital. "Marilah kita juga tunjukkan bahwa sektor digital memang resilien di dalam negeri. Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)