Meta Proyeksikan Usaha Online via WA Bisnis Semakin Populer

Meta ramal usaha online via WA Bisnis semakin populer di tahun depan atau 2023. Hal ini diungkapkan Kepala Industri Meta di Indonesia Aldo Rambie dalam peluncuran #MetaID2023 di Jakarta. (Foto: Ubaidillah/SWA)

Perusahaan induk Facebook, WhatsApp (WA), dan Instagram Meta melihat sepanjang tahun 2022 inovasi teknologi berperan dalam membantu pelaku bisnis untuk tumbuh. Di tahun 2023 mendatang, Meta akan mengadopsi kekuatan teknologi digital tersebut untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada pelaku bisnis. 

Kepala Industri Meta di Indonesia Aldo Rambie mengatakan Meta melihat di tahun 2023 aktivitas bisnis di ranah online akan semakin erat dengan penggunaan layanan perpesanan bisnis atau business messaging seperti WA Bisnis. Studi yang diluncurkan oleh Kantar di tahun 2022 menunjukkan, 7 dari 10 orang di Indonesia lebih suka menggunakan layanan business messaging untuk terhubung dengan bisnis daripada melalui telepon atau email.

“Pertumbuhan penggunaan business messaging mengalami peningkatan sepanjang tahun ini. Artinya, bisnis dan konsumen sudah menempatkan hal tersebut sebagai cara yang signifikan untuk memperoleh barang atau jasa dari bisnis secara personal,” kata Aldo, dalam acara #MetaID2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Dia melanjutkan, hal tersebut juga didorong dengan banyaknya kelompok milenial dan Gen-Z yang terus menciptakan tren dan inovasi di ranah digital, termasuk menentukan belanja online dengan menggunakan layanan perpesanan. “Meta melihat kesempatan yang besar, mengingat Indonesia juga adalah salah satu negara dengan pengguna teknologi digital terbesar di dunia,” ujar Aldo.

Salah satu bisnis yang telah memaksimalkan penggunaan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan konsumen adalah Tokopedia. Tokopedia menggunakan WhatsApp untuk memberikan berbagai informasi terkini yang memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menarik bagi konsumennya.

Growth Marketing Senior Lead Tokopedia Maisyalina Agustiana mengatakan Tokopedia selalu berkolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk Meta, untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Tokopedia memanfaatkan platform business messaging WhatsApp untuk memberikan informasi terkait kampanye atau promosi kepada pengguna sehingga dapat berbelanja produk dan kebutuhan dengan lebih efisien.

“Selain itu, WhatsApp juga membantu kami untuk menjangkau para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. Lalu mengedukasi mereka terkait deretan fitur atau layanan terbaru di Tokopedia untuk mendorong penjualan hingga mengembangkan bisnis mereka lebih jauh.” kata Maisyalina.

Agar pelaku bisnis dapat terus tumbuh dan berkembang untuk bisa memanfaatkan teknologi digital secara maksimal, Meta juga akan melanjutkan beragam program pelatihan untuk pelaku bisnis. Salah satunya adalah Meta Boost yang pada 2021-2022 telah melatih 14.860 UKM dan #Shemeansbusiness program pemberdayaan pengusaha perempuan, yang pada 2022 ini sudah melatih 15.349 pelaku usaha perempuan.

Data Meta menunjukkan lebih dari 1 miliar pengguna terhubung dengan akun bisnis di seluruh layanan WhatsApp setiap minggu. Pada business messaging, percakapan dengan format 1:1 membentuk interaksi yang bermakna dengan pelanggan. Pascapandemi, hampir separuh konsumen Indonesia lebih sering melakukan obrolan dengan akun bisnis.

Selain itu 40% responden meningkatkan penggunaan perpesanan bisnis setelah pandemi. Komunikasi bisnis melalui perpesanan kini menjadi bagian dari perilaku konsumen. 1 dari 2 konsumen Indonesia menggunakan business messaging setiap 3 minggu sekali. Business Messaging sudah ada di semua kategori umur, khususnya Milenial dan Gen Z. 80% akun bisnis menggunakan business messaging. Selain itu, 80% konsumen berencana untuk terus menggunakan business messaging untuk berinteraksi dengan bisnis.

Dalam kesempatan ini juga dipaparkan 3 rencana Meta di tahun 2023 mendatang. Pertama membantu pelaku bisnis melalui kekuatan teknologi digital, kedua mendukung akselerasi digital melalui serangkaian kemitraan dan program, ketiga mendorong tren dan inspirasi bagi kreator dan komunitas yang menggunakan platform-platform Meta.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)