My Article

5 Strategi Menghadapi Resesi

5 Strategi Menghadapi Resesi

Oleh: Jazak Yus Afriansyah (@jazakYA)

Jazak Yus Afriansyah
Jazak Yus Afriansyah

Strategi ABCDE pada hakikatnya adalah singkatan dari beberapa tahap yang secara langsung dan tidak langsung akan mampu mengembangkan serta memperbaiki kinerja seseorang, dan kinerja perusahaan, khususnya dalam rangka mengantisipasi kondisi resesi yang diperkirakan akan segera terjadi pada kuartal III tahun 2020.

ABCDE adalah singkataan dari Ahead, Beyond, Champion, Deliver, Excellence. Disusun sedemikian rupa untuk memudah kita mengingat dan memahaminya, sehingga akan lebih mudah lagi dalam mengimplementasikannya.

Baik kita mulai saja dengan tahap pertama, yaitu A.

A adalah Ahead artinya lebih awal, lebih dahulu atau lebih cepat. Strategi ini sangat terbukti ampuh untuk membuat seseorang dan perusahaan menjadi selalu beruntung, meskipun dalam kondisi resesi.

Lantas apa buktinya?

Dengan Strategi Ahead, dalam konteks penjualan misalnya, mereka yang datang lebih awal kepada pelanggan, secara relatif akan memetik lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan mereka yang terlambat datang mengunjungi pelanggan.

Jadi Ahead adalah tentang kecepatan yang dilakukan diatas rata-rata pada umumnya, maka jika kita melakukan Ahead, Anda atau perusahaan Anda bukan menjadi orang atau korporasi yang rata-rata saja, dan dengan kenyataan ini kita sesungguhnya telah berhasil mengantisipasi segala kondisi yang mungkin terjadi!

B adalah Beyond artinya melampaui, melebihi atau bergerak di atas rata-rata. Strategi kedua ini bermanfaat membuat seseorang dan perusahaan semakin tahan banting setelah mengimplementasikan startegi yang pertama di atas.

Go Beyond dapat diaplikasikan dalam konteks korporasi dan bisnis, sebagai contoh jika kita mampu melampaui harapan pelanggan, sudah pasti kita akan beruntung karena membuat mereka sangat happy danloyal. Sehingga, kemungkinan mendapatkan repeat order menjadi meningkat, dan tentu ini akan membuat perusahaan semakin kuat untuk bisa bertahan dalam kondisi resesi, meskipun bisa jadi permintaannya menurun diakibatkan daya beli yang lemah!

C adalah Champion artinya juara, memelopori atau merintis, dalam beberapa konteks champion bisa bermakna mempengaruhi. Strategi ketiga ini dapat bersinergi dengan 2 Strategi sebelumnya untuk membuat Anda dan perusahaan menjadi semakin mudah beruntung.

Dalam konteks korporasi misalnya, kita barangkali tidak akan pernah melupakan Steve Jobs, beliaulah pelopor atau champion pengembangan gadget dengan menggunakan teknologi layar sentuh, meskipun pada awalnya ide tersebut mendapatkan perlawanan dan beberapa ahli skeptis namun kenyataan berbicara lain, saat ini Apple masih memimpin inovasi dan tetap tangguh.

D adalah Deliver artinya memberikan kinerja nyata. Dalam beberpa definisi deliver bisa bermakna menghadirkan hasil nyata. Strategi keempat ini setali tiga uang sangat mungkin dilakukan bersamaan atau berurutan dengan 3 strategi sebelumnya, yaitu Ahead, Beyond, dan Champion.

Deliver akan membuat kita beruntung karena hanya dengan tindakan nyata yang akan membuat perbedaan, dengan deliver secara konsisten akan membuat kita mampu melaksanakan Ahead, Beyond and Champion, selalu ingat The Power of Action atau kekuatan tindakan, ya hanya Action yang membuat orang akan merasakan kontribusi kita.

Dalam konteks korporasi, jika perusahaan secara konsisten mampu men-deliver jasa dan produk secara Ahead, Beyond and Champion maka sudah dapat dipastikan perusahaan ini telah beruntung!

E adalah Excellence artinya keunggulan atau kehebatan, bermakna semua delivery 3 strategi sebelumnya, yaitu Ahead, Beyond dan Champion harus dikemas dengan semangat keunggulan, terutama dalam hal mutu. Sehingga, jika strategi kelima ini dilakukan, maka keuntungan yang Anda terima menjadi sangat paripurna, begitu juga bagi sebuah perusahaan yang mampu menyajikan keunggulan, dipastikan pelanggan atau klien tidak akan pindah ke lain hati.

Apa contoh nyata Excellence?

Umumnya contoh yang berkaitan dengan excellence adalah layanan yang bersaing dan respon yang humanis. Ketika produk dan atau jasa yang kita pasarkan mudah ditiru oleh pesaing, maka Excellence yang akan membuat segalanya berbeda.

Melalui Service Excellence, meskipun bunga bank sama, nasabah akan memilih bank dengan layanan yang lebih cepat (ahead), lebih baik (beyond), lebih mengerti kebutuhan terkini atau inovatif (champion) dan lebih nyata hasilnya (deliver).

Tunggu apa lagi, sebelum resesi benar-benar terjadi kini saatnya Anda dan perusahaan Anda bisa segera bergerak mengantisipasi dengan melakukan Strategi ABCDE sekarang! Selamat berbisnis dan sukses selalu untuk Anda!


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved