Always Learning from The Best

Oleh: Ferdi Mirza Oktavian – Trainer, Jasa Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen

Ferdi Mirza Oktavian

Salah satu kunci keberhasilan meningkatkan keterampilan penjualan adalah, belajar langsung dari pakarnya.

Joseph Samuel Gerard atau yang biasa dipanggil Joe Girard (www.joegirard.com) adalah seorang legenda hidup dalam bidang penjualan ritel. Joe diakui oleh Guinness Book of Record sebagai pemegang rekor penjualan mobil terbanyak dalam satu tahun. Pada tahun 1973 Joe Girard dapat menjual 1,425 mobil baru. Hal ini ditambah lagi dengan prestasinya selama 15 tahun (1963-1978) yang berhasil membukukan penjualan sebanyak 13,001 unit mobil baru. Ini berarti rata-rata dua mobil baru terjual setiap harinya selama 15 tahun. Luar biasa!

Setelah mencapai prestasi-prestasinya itu, Joe akhirnya pensiun dini sebagai tenaga penjualan di usia 49 tahun. Joe memutuskan untuk membagikan pengalaman hidup. Joe menjadi seorang penulis buku dan pembicara motivator yang paling berpengaruh di bidang penjualan. Joe kemudian menjadi sosok yang paling diburu dan paling banyak berbicara di berbagai forum dan seminar penjualan yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia. Kesuksesan pencapaian Joe Girard ini telah menginspirasi dan menular ke ratusan bahkan ribuan tenaga penjualan di seluruh dunia, salah satunya Ali Reda.

Ali Reda adalah seorang salesman mobil dari Les Stanford Chevrolet Cadillac yang lahir di tahun yang sama dengan pencatatan rekor penjualan mobil terbanyak yang dibuat Joe. Ali Reda memiliki mimpi untuk bisa sesukses idolanya, Joe Girard. Hal ini yang membuat Ali Reda semangat membaca buku-buku yang ditulis oleh Joe. Dia juga sudah menonton seluruh video Joe, yang harganya bervariasi mulai dari $13.99 sampai $295 (Rp 190 ribu sampai dengan Rp 55 Juta). Tak berhenti sampai disitu bahkan Ali juga selalu berusaha datang di setiap seminar di mana Joe Girard menjadi pembicara kuncinya.

Kegigihan dan ketekunan Ali Reda akhirnya membuahkan hasil yang bagus, pada tahun 2017 Ali berhasil mengalahkan rekor penjualan yang dipegang oleh junjungannya, Joe Girard, selama 44 tahun dari tahun 1973. Dalam setahun Ali berhasil menjual 1,530 mobil baru dan 52 mobil bekas di dealer Chevrolet Cadillac. Ini berarti setiap bulannya Ali berhasil menjual 131 mobil. Sangat luar biasa!

Persoalan baru muncul di Februari 2018 manakala Joe Girard dan istrinya tidak dapat menerima pencapaian hasil penjualan yang dibuat oleh Ali Reda. Joe berniat mengadukan dealer tempat Ali bekerja ke ranah hukum. Dealer tersebut diadukan karena telah melaporkan penjualan Ali Reda ke Guinness Book of Record. Menurut Joe dan istrinya, hal ini memiliki permasalahan karena pencatatan penjualan Ali Reda belumlah diaudit oleh lembaga audit independen. Namun, kita tak akan membahas perseteruan antara Ali Reda dan Joe Girard dalam tulisan ini.

Penulis hanya akan mengkaji dua langkah cerdik yang telah dilakukan oleh Ali Reda. Ada sebuah pepatah yang berkata “if you want to be the best, you must first learn from the best”. Belajarlah dari yang terbaik untuk menjadi yang terbaik berikutnya. Ini merupakan langkah pertama untuk menuju keberhasilan.

Dalam setiap profesi, seseorang akan semakin bergairah dan termotivasi apabila berhasil menemukan panutan atau role model yang ahli dan pakar di bidang yang sama. Untuk itu, segeralah menemukan sosok-sosok tersebut dan seraplah pengetahuannya, keterampilan, dan disiplin diri yang dimiliki panutan tersebut. Seperti contoh kisah Ali Reda di atas, apabila ingin meningkatkan keterampilan penjualan, pertama-tama bacalah buku-buku mengenai penjualan.

Langkah yang kedua ialah segeralah lakukan seluruh hal-hal yang telah dibaca, dilihat, dan didengar. Seperti pepatah juga bilang “Experience is the best way to learn”. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Seseorang tidak akan pernah memahami kunci-kunci sukses penjualan apabila tidak pernah mau mempraktikkan penjualan. Pengalaman menjual ini akan turut memperkaya keterampilan dan kompetensi penjualan.

Jadi, tunggu apalagi wahai para penjual. Cari panutan, dan lakukan!

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!