Best-Practice Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis AI

Oleh: Jusuf Irianto, Guru Besar Manajemen SDM Departemen Administrasi Publik FISIP Universitas Airlangga

Jusuf Irianto, Guru Besar Dep. Adm. Publik FISIP Universitas Airlangga, Pengurus MUI Jawa Timur

Untuk meningkatkan mutu layanan dan kepuasan pasien, penyedia jasa bidang kesehatan di Indonesia perlu mempelajari best practice sebagaimana terjadi di Mayo Clinic. Unit kesehatan terkemuka di Amerika Serikat (AS) ini terus berinovasi meskipun usianya sudah tua.

Didirikan lebih dari 150 tahun lalu di Rochester, Minnesota AS, Mayo Clinic adalah rumah sakit sekaligus sebagai pusat penelitian yang konsisten masuk dalam top ranking hospital versi U.S. News and World Report. Institusi ini pun di tahun 2022 menggondol status Rumah Sakit Terbaik Dunia dalam Top 100 Global Hospitals versi Newsweek.  

Selain memberi pelayanan kesehatan, klinik tersebut juga melakukan puluhan ribu riset. Penelitian terkini dilakukan berupa inovasi pelayanan berbasis artificial intelligence (AI). Dalam tulisan bertajuk AI-Based Innovations at Mayo Clinic diterbitkan MIT Sloan Management Review (edisi Agustus 2022), Thomas C. Davenport dan Randy Bean menegaskan “tak ada penyedia layanan kesehatan melakukan lebih banyak hal dengan AI selain Mayo Clinic”.

Tak sekadar inovasi berupa aplikasi administratif yang juga telah diterapkan berbagai rumah sakit di Indonesia, Mayo Clinic juga mengembangkan aplikasi klinis berbasis AI sehingga mampu memberi tindakan efektif dan mengobati pasien dengan tingkat kerumitan tinggi.

Aplikasi administratif merupakan inovasi simpel memudahkan akses pasien memperoleh layanan rumah sakit tanpa harus mengantri. Penggunaan aplikasi administrasi meluas di berbagai area. Selain penjadwalan, aplikasi administratif juga untuk otorisasi dan verifikasi administrasi pembayaran serta tatakelola keuangan dan pendapatan rumah sakit.

Sementara itu, aplikasi klinis berbasis AI digunakan dokter melakukan tindakan operasi berskala besar dan rumit, seperti penanganan jantung dan penyakit lainnya. Aplikasi ini sangat berguna bagi tenaga medis membuat keputusan diagnosis dan pengobatan lebih akurat serta melicinkan harapan kesembuhan pasien segera terwujud.

Pages: 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)