Pro-Kreasi atau Pro-Reaksi

Ilustrasi Covid-19. (foto: Shutterstock)

Tidak ada yang menduga dari awalnya bahwa pandemi ini akan terjadi selama ini. Tidak ada pula yang menyangka bahwa pencegahan atau penyelesaiannya itu bergantung pada keberanian pemimpin untuk melakukan tindakan yang tidak biasa, against all odds and critics. Apalagi, ini adalah krisis yang belum ada yurisprudensi dan referensi di masa lalu.

Formulasi yang tepat tentu belum terpetakan, yang ada adalah coba-coba yang terukur. Dengan harapan, semoga sukses. Kelihatannya aneh, tetapi itulah fakta yang harus diambil oleh pemimpin yang berani menantang krisis ini dengan formula purple ocean mengingat blue ocean belum terpikirkan dan red ocean sudah usang, meninjam Prof. Chan Kim dalam bukunya, Blue Ocean Strategy.

Seperti di China, sebagai negara awal yang terdampak hebat, tetapi ketika sudah berani melakukan tindakan yang tidak popuper seperti lock down dengan cepat, hasilnya mengejutkan. Sampai saat ini jumlah terdampak di China tidak melebihi 100.000 kasus. Aneh tetapi nyata. Namun, itulah fakta.

Ini yang saya pelajari. Sebagai pemimpin bisnis, saya belajar banyak dari apa yang dilakukan pemimpin di negara kita tercinta untuk membawa negara kita keluar dari krisis dengan penanganan yang saya sebut “pro-kreasi” bukan “pro-reaksi”.

Pemimpin yang berani bertindak pro-kreasi adalah pemimpin yang fokus pada penciptaan kesempatan baru di tengah tantangan yang ada, menciptakan kemungkinan baru di tengah ketidakpastian dan, dalam skala perusahaan, berani menciptakan produk baru, pasar baru, bahkan bisnis baru di tengah keterpurukan penjualan yang menggoyang seluruh arus kas.

Pemimpin pro-kreasi bukan tipe pemimpin yang suka menyalahkan orang lain atau lingkungan atau apa pun yang di luar kontrolnya. Pemimpin ini tidak suka memiliki sindroma “Seandainya…” atau  “If…”.

Seandainya kita tahu pandemi ini akan berjalan seperti ini, saya akan segera tutup toko atau bisnis saya sesegera mumgkin; seandainya saya tahu seluruh dunia akan terdampak, saya tidak akan berinvestasi; seandainya pemerintah kita seperti pemerintah negara lain yang lock down cepat, kondisinya tidak separah ini.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)