Holding BUMN: Peluang dan Tantangan

Oleh: Hadi Satyagraha 

Ph.D. (Business Administration) Ivey Business School, The University of Western Ontario (Kanada), Dosen Luar Biasa “Strategi Persaingan dan Simulasi Bisnis”Program Magister Manajemen Universitas Airlangga-Surabaya, dan komisaris perusahaan swasta nasional.

(Foto: Istimewa/ilustrasi)

Sejak menjabat Menteri BUMN menjelang akhir 2019, Erick Thohir langsung melakukan sejumlah inisiatif yang sangat bermanfaat bagi BUMN2 di negeri kita. Hal ini jelas terlihat dari meningkatnya laba konsolidasi BUMN secara signifikan. Peningkatan kinerja ini merupakan hasil sejumlah inisiatif Ericik Thohir seperti melakukan restrukturisasi dengan membubarkan 70-an BUMN yang tidak sehat, dan penggabungan (merger) BUMN dengan dibentuknya Bank Syariah Indonesia dan penggabungan Pelindo. Inisiatif Erick Thohir yang sangat penting secara stratejik adalah pembentukan 9 holding BUMN untuk lebih meningkatkan kinerja BUMN2 di negara kita.

Dalam mengelola beragam portfolio bisnis BUMN2 kita, kelihatan sekali  pak Menteri BUMN kita ini memahami dengan baik berbagai konsep strategi korporat (corporate strategy)  seperti restrukturisasi, penggabungan (merger) dan pembentukan holding.

Hal ini mestinya tidak mengherankan kita karena Erick Thohir  adalah seorang praktisi bisnis pemilik kelompok usaha Mahaka Group yang juga mengenyam pendidikan MBA National University, di Amerika Serikat.    

Holding Company  

Kementerian BUMN menyatakan bahwa pembentukan holding BUMN diharapkan dapat menciptakan nilai tambah, efisiensi, penguatan supply chain hingga inovasi bisnis. Menurut Erick Thohir, holding BUMN membuat perusahaan negara tetap kompetitif saat dan pasca pandemi Covid-19.

Literatur bisnis menyatakan bahwa holding company, juga disebut parent company -perusahaan induk- dibentuk untuk menciptakan nilai optimal bagi keseluruhan portfolio bisnis nya dengan mengendalikan kebijakan, mengawasi keputusan manajemen perusahaan anak -subsidiary company, dan mengkoordinasi semua perusahaan anak.

Peluang Holding BUMN

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)