Inisiasi Logistik Militer Rusia: Hancurkan Fasilitas

Oleh: Ricky Virona Martono – Core Faculty PPM School of Management

The greatest victory is that which requires no battle.” - Sun Tzu (± 500 SM)

Ricky Virona Martono

Pada awal invasi Rusia ke Ukraina Februari 2022 lalu, tindakan awal militer Rusia adalah menghancurkan berbagai fasilitas (sebagai titik penyimpanan inventori) dan jaringan infrastruktur (sebagai media pengiriman inventori ke lokasi tujuan).

Dari informasi Kementerian Pertahanan Rusia, hanya beberapa hari setelah Rusia menginvasi Ukraina, Rusia mengklaim telah melumpuhkan 118 infrastruktur militer di Ukraina, termasuk 11 lapangan udara, 13 pos komando dan pusat komunikasi angkatan bersenjata Ukraina, 14 sistem rudal anti-pesawat, dan 36 stasiun radar. Ukraina sendiri dengan sengaja menghancurkan semua jembatan yang menuju kota Kiev untuk menghambat pergerakan tantara Rusia menuju Ibukota Kiev.

Strategi menghancurkan fasilitas dan infrastruktur di awal masa perang juga diterapkan pada banyak perang, misalnya ketika Amerika menginvasi Irak tahun 1991 dan Amerika menginvasi Afghanistan tahun 2002.

Dalam ilmu Logistik, elemen fasilitas ini terdiri dari pabrik, gudang, pelabuhan, yaitu fasilitas fisik untuk memproduksi dan menyimpan produk. Berbagai fasilitas ini untuk kebutuhan Logistik Militer adalah lokasi penyimpanan inventori untuk kebutuhan perang, misalnya peralatan perang, senjata, makanan, obat-obatan, pakaian perang, tenda, selimut, bahan bakar untuk kendaraan perang, infrastruktur komunikasi, dan lainnya.

Ketika fasilitas ini dihancurkan, artinya berbagai peralatan perang lawan sudah hancur sebelum perang mencapai masa puncak. Tentara yang sangat terlatih pun tidak akan mampu berperang ketika tidak tersedia makanan untuk dirinya dan bahan bakar untuk menggerakkan kendaraan perang. Peralatan perang paling canggih pun tidak dapat digunakan untuk perang jika tidak tersedia bahan bakar, sistem komunikasi dan kendali.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)