ISO 9001 dalam Rantai Pasok

Oleh: Puput Suwastika, M.M. – Trainer, Jasa Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen

Supply Chain Puput Suwastika, M.M. – Trainer, Jasa Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen

ISO 9001 merupakan suatu sistem sertifikasi yang menjamin kualitas proses layanan suatu organisasi. Beberapa kali mengalami revolusi sejak versi awal ISO 9001:1987 hingga ISO 9001:2015. Terdapat beberapa perkembangan menuju ke arah lebih baik dan menyesuaikan kebutuhan dan pertumbuhan pasar baik pada prinsip manajemen mutu maupun klausul-klausul persyaratannya.

Sejatinya, tujuan utama dari ISO 9001 adalah membantu organisasi meningkatkan kepuasan pelanggan dengan fokus dan konsisten memerhatikan kualitas layanannya. Manfaat ISO memberikan banyak perubahan positif bagi lingkungan internal maupun eksternal perusahaan.

Berdasarkan hasil lembaga survei internasional, manfaat utama yang dirasakan pada penerapan ISO 9001 adalah peningkatan kualitas pada proses internal, sedangkan manfaat besarnya adalah peningkatan image perusahaan serta meningkatkan hubungan baik kepada pelanggan.

Lantas, apa hubungan manfaat penerapan ISO 9001 tersebut dalam keberlangsungan rantai pasok?

Rantai Pasok atau Supply Chain, seperti kita ketahui ialah satu rangkaian proses arus produk dan informasi dari pengadaan, pembuatan (produksi), penyimpanan, serta pendistribusian hingga produk atau layanan sampai kepada pelanggan. Keberhasilan kerja suatu rantai pasok sebuah perusahaan ditentukan oleh kemampuan perusahaan tersebut memenuhi keinginan pelanggan tepat waktu, tepat jumlah, dan berkualitas. ISO 9001 sebagai penyerta tujuan tersebut, memastikan produk atau layanan dapat memenuhi standar yang diharapkan.

Dalam pelaksanaan rantai pasok, ISO 9001:2015 berperan sebagai pedoman panduan praktik sistem yang berkualitas. Jika dikaji lebih dalam akan terlihat peran dan manfaatnya dalam serangkaian proses rantai pasok.

Berikut adalah beberapa dasar arahan ISO 9001:2015 yang terkait dengan aktivitas dalam rantai pasok:

Halaman Selanjutnya
Pada Klausul 4.4.1 (d) Setiap...
Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)