Keahlian Negosiasi dengan Produktivitas Tinggi (1)

Oleh Jazak Yus Afriansyah, Author, Coach, Trainer, Founder and Managing Director Manuver Corp

@jazak YA

Miliki 4 Kunci Negosiasi

Karena tujuan utama sebuah proses negosiasi adalah kesepakatan yang menguntungkan atau Hot Deals! Bagi semua pihak yang terlibat negosiasi, ada setidaknya 4 FAKTOR UTAMA atau kita sebut sebagai 4 Kunci yang wajib diperhatikan dan dimiliki oleh para negosiator, atau siapapun Anda yang terlibat didalam proses negosiasi.

TIME atau Waktu adalah varibel pertama yang mempengaruhi jalannya proses negosiasi dan menentukan hasil akhir dari proses tersebut, waktu disini termasuk adalah tenggat waktu yang dimiliki oleh semua pihak yang berkepentingan dalam negosiasi.

 Jazak Yus Afriansyah Jazak Yus Afriansyah

Penting untuk diingat bahwa waktu disini juga bermakna tenggat waktu yang diberikan oleh para pemangku kepentingan dari subjek atau perkara yang sedang dinegosiasikan, meskipun mereka tidak terlibat secara langsung dalam proses negosiasi itu.

Oleh sebab itu, berkaitan dengan waktu para negosiator perlu tahu dengan persis timeline atau batas waktu yang dimiliki, juga urutan serta agenda yang akan menjadi bahan untuk proses negosiasi.

Jika negosiator tidak awas dan waspada dengan waktu, maka akan berisiko negosiasi yang dilakukan sia-sia karena telah melewati tenggat waktu yang diinginkan oleh pihak mitra negosiasi atau para pemangku kepentingan yang memiliki hajat dengan hasil negosiasi.

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)