Keahlian Negosiasi dengan Produktivitas Tinggi (4)

Oleh: Jazak Yus Afriansyah, Author, Coach, Trainer, Founder and Managing Director Manuver Corp

@jazak YA

Melanjutkan kajian kita tentang Keahlian Bernegosiasi, maka edisi kali ini akan kita bahas 4 Langkah Mudah untuk bernegosiasi dengan hasil yang lebih produktif, atau sering disebut sebagai High Productive Negotiation Skill.

Harus diakui bahwa salah satu risiko dari sebuah proses negosiasi adalah adanya kondisi di mana semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut sepakat untuk tidak sepakat, alias negosiasi menjadi macet atau deadlock.Jazak Yus Afriansyah

Maka untuk meminimalkan risiko tersebut di atas kami secara mendalam melakukan riset yang konsisten untuk menemukan jawaban yang relatif bisa digunakan untuk memastikan apapun hasil negosiasi, harus produktif menghasilkan “sesuatu”.

Meskipun sesuatu tersebut belum tentu merupakan sebuah kesepakatan yang memuaskan semua pihak, namun setidaknya sesuatu itu akan berguna pada proses negosiasi yang akan dilakukan di masa depan, sehingga hasilnya akan lebih baik.

Ini artinya setiap proses negosiasi harus selalu dan selamanya produktif.

Empat langkah tersebut, pertama, adalah discover. Ppada langkah pertama ini yang harus dilakukan oleh tim negosiasi adalah mencari tahu sebanyak mungkin informasi berkaitan dengan objek negosiasi, mitra negosiasi, tujuan negosiasi dan posisi tawar masing- masing pihak.

Dengan langkah pertama ini, kita akan mampu membaca segala peluang dan ancaman yang akan timbul selama proses negosiasi dan bisa menyiapkan rencana aksi untuk mengantisipasinya, termasuk rencana cadangan jika ternyata negosiasi berakhir dengan buntu atau deadlock.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)