My Article

Kota Masa Depan di Indonesia: Langkah-langkah Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas

Andreas Diantoro

Oleh Andreas Diantoro, Managing Director, PT SAP Indonesia

Kota-kota dikatakan sebagai jaringan interaksi manusia yang kompleks, penuh dengan infrastruktur dan sistem yang mendorong kemajuan untuk kebaikan bersama. Namun, cukup sering, kita mendapati hidup di kota-kota mahal, penuh sesak dengan lalu lintas, penuh dengan polusi dan penuh dengan kompleksitas sosial. Apa gunanya kota bagi warganya jika tidak layak sebagai tempat tinggal?

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan[i] bahwa saat ini, lebih dari 55 persen orang Indonesia tinggal di kota-kota; dan dengan laju urbanisasi saat ini (2,3 persen), pada tahun 2030, lebih dari 73 persen orang Indonesia akan tinggal di kota.

Ini berarti bahwa hanya dalam 10 tahun, wajah kota-kota Indonesia akan berubah karena akan ada tekanan besar pada infrastruktur perkotaan dan layanan publik untuk disampaikan pada kecepatan yang lebih cepat dan lebih besar.

Dengan ini, banyak kota di Indonesia telah mulai mengimplementasikan inisiatif ‘kota pintar’ di bawah visi Presiden Joko Widodo, “Menuju 100 Kota Pintar” yang diluncurkan pada tahun 2019. Balikpapan, misalnya, memiliki rencana utama untuk meningkatkan sejumlah program termasuk jaringan informasi, kualitas reformasi sumber daya manusia dan birokrasi. Menurut Agus Budi, Sekretaris Bappeda Kota Balikpapan[ii], tujuannya adalah untuk memberikan layanan publik yang lebih baik dan lebih efisien kepada masyarakat. Mereka ingin meraih status kota pintar pada 2021 dan sedang dalam perjalanan transformasi.

Dan, dengan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibukota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, Indonesia memiliki peluang unik untuk mengembangkan kota pintar dari bawah ke atas.

Sementara, ide menciptakan kota pintar telah meraih imajinasi populer dengan teknologi seperti mobil otonom atau mengemudi sendiri; jaringan listrik pintar, bahkan bangunan pintar yang bisa sendiri penggunaan energi sendiri, apa sebenarnya yang membuat sebuah kota pintar?

Di SAP, kami mendefinisikan kota pintar sebagai yang mencakup spektrum penuh interaksi manusia termasuk tata kelola; kondisi kehidupan warganya; lingkungan dan infrastruktur; mobilitas; dan pertumbuhan ekonomi. Sebuah kota yang ada untuk warganya. Yang membawa kita pada bagaimana SAP memenuhi tujuannya di Indonesia – untuk membantu menjadikan bisnis dan pemerintah berjalan lebih baik dan meningkatkan kehidupan warganya.

Desain dan implementasi yang tepat dapat menjadikan kota-kota seperti Jakarta tempat yang bagus untuk hidup – tidak hanya ditentukan oleh kekayaannya, tetapi juga oleh kesejahteraan yang ditawarkannya untuk saat ini dan masa depan.

Kesejahteraan: Dimulai dengan lalu lintas yang lebih baik dan solusi berbasis data

Banyak proyek kota pintar yang sukses dimulai dengan meringankan titik rasa sakit masyarakat menggunakan data dan sistem informasi yang terhubung untuk membentuk dasar untuk perbaikan.

Mengatasi kesengsaraan lalu lintas, misalnya, tantangan besar bagi banyak kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Pengemudi di sini menghabiskan lebih dari seperempat waktu tempuhnya dan rata-rata 33.000 berhenti dan dimulai per tahun – tertinggi di dunia[iii]. Infrastruktur dan kemacetan yang tidak memadai menghabiskan sekitar US $ 5 miliar per tahun untuk konsumsi bahan bakar, biaya operasi kendaraan, nilai waktu, dan polusi udara[iv].

Lalu bagaimana Jakarta mengatasi masalah kemacetan lalu lintasnya? Jawaban yang jelas adalah untuk penggunaan data yang lebih besar untuk perencanaan kota untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan membuat keputusan cerdas tentang tempat berinvestasi dana untuk mengurangi lalu lintas di jalan-jalan.

Dalam hal ini, Jakarta dapat belajar dari pengalaman Nanjing, bekas ibukota Cina dan salah satu dari 20 kota teratas di negara ini dengan populasi hanya lebih dari 8 juta. Volume lalu lintas di kota sangat besar dan mencerminkan situasi di Jakarta.

Nanjing memiliki sekitar 10.000 taksi, 7.000 bus, dan 1 juta mobil pribadi yang berjalan melalui jaringan jalan kota. Bandingkan angka-angka ini dengan Jakarta, yang hampir dua kali lipat menjadi 137 juta kendaraan di jalan pada tahun 2017, dalam kurun waktu hanya 10 tahun[v].

Untuk membantu mengatasi volume lalu lintas, Nanjing mengembangkan sistem lalu lintas pintar generasi berikutnya yang mencakup penggunaan sensor dan chip identifikasi frekuensi radio (RFID) untuk menghasilkan aliran data berkelanjutan tentang status sistem transportasi di seluruh kota.

Kota ini menggunakan SAP IoT dan SAP HANA untuk menganalisis pola pergerakan lalu lintas secara real time[vi]. Total lebih dari 20 miliar data sensor dihasilkan setiap tahun di kota. Data ini dikombinasikan dengan data lain seperti perilaku perjalanan individu, harga tiket, kondisi jalan, dan aksesibilitas area. Analitik lalu lintas cerdas menggunakan algoritme analitik canggih membantu kota memahami data.

Sementara Jakarta telah menerapkan beberapa langkah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas – MRT Jakarta yang lebih besar, sistem transit kereta api ringan, sistem bus Transjakarta, kereta api bandara dan kereta commuter – manajemen yang lebih baik dan integrasi sistem transportasi umum dengan penggunaan mobil pribadi sangat dibutuhkan.

Sistem manajemen lalu lintas yang digerakkan oleh data mungkin tidak hanya meningkatkan kehidupan warga Jakarta, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produktivitas, menarik investasi baru, dan menarik bakat global ke kota.

Kekayaan: Menimbang manfaat biaya urbanisasi

Urbanisasi yang cepat membawa perubahan, dan sebuah kota harus siap untuk menangani tantangan itu secara cerdas untuk keuntungan kolektif dan daya saing. Ketika dunia menjadi semakin tanpa batas, kota-kota akan memainkan peran penting dalam menarik bakat – dikatakan sebagai bentuk baru kekayaan[vii].

IMD World Competitiveness Center’s Smart Cities Index[viii] telah menguraikan bahwa keuntungan ekonomi dari kota-kota pintar akan menarik mereka lebih jauh dari poros kekayaan, dengan alasan bahwa “Realitas ekonomi tidak dapat diabaikan: kota-kota di negara-negara miskin menghadapi kerugian, yang akan memerlukan tindakan khusus untuk mengoreksi sepanjang jalan menuju kecerdasan.”

Kota terbesar ketiga di Indonesia, Bandung[ix], dengan cepat memanfaatkannya. Dengan dukungan dari Asian Development Bank (ADB), universitas-kota telah mengembangkan, antara lain, platform data visual cerdas yang disebut ‘ur-scape’ yang merupakan alat perencanaan kota yang diarahkan untuk meningkatkan proses penganggaran dan pengambilan keputusan saat mengintegrasikan informasi dari tingkat rumah tangga, lingkungan, kota dan regional. Dengan ini, kota ini lebih efisien dalam perencanaan dan pelacakan tujuannya untuk memberikan tata kelola dan efisiensi yang lebih baik kepada konstituennya. Dianggap sebagai “techpolis[x] yang akan datang, Bandung siap memanfaatkan talenta masa depan yang menarik sementara menghubungkan infrastruktur virtual dan fisik kotanya, sekaligus menerjemahkannya ke dalam nilai ekonomi baru.

Sementara, sumber daya keuangan perlu diprioritaskan, kota tidak boleh menghindar dari kota pintar karena takut biaya tinggi. Untuk mencapai tujuan ini, kota pintar dapat memilih untuk memulai dan melanjutkan, untuk mengukur pendekatannya untuk mengurangi risiko dan biaya investasi. Sementara perjalanan transformasi kota yang cerdas mungkin tampak rumit, banyak rencana yang disusun dengan baik memiliki permulaan yang kecil.

Ketika Indonesia melakukan urbanisasi, kota-kotanya akan mengalami tekanan yang semakin besar untuk menyediakan standar kehidupan yang lebih tinggi bagi warganya. Menurut World Bank Research[xi], setiap 1 persen dari urbanisasi di suatu negara harus mengarah pada peningkatan yang signifikan dalam produk domestik bruto per kapita negara (PDB). Namun, Indonesia dikatakan tidak menuai manfaat penuh dari urbanisasi[xii] – karena ekspansi PDB per kapita hanya 4 persen.

Pengembangan kota pintar akan memerlukan perubahan dalam kebijakan, model bisnis dan adopsi teknologi yang berarti staf pemerintah perlu dilatih dan ditingkatkan untuk merangkul pola pikir baru.

Saat para pemangku kepentingan kota melakukan dialog tentang bagaimana ia dapat mengatasi berbagai tantangannya dan menimbang manfaat-biaya sambil sisi melangkah beberapa kesalahan umum, SAP siap untuk mendukung dalam pengalaman digital ini, memberikan wawasan yang akurat dan real-time yang akan membantu kota meningkatkan pengalaman warga.

[i] UNDP Indonesia Sustainable Urban Development Strategy 2017. Available at https://www.undp.org/content/dam/indonesia/2017/doc/Urban%20Strategy%20English.pdf

[ii] Development of a Smart City (Bahasa Indonesia). Available at https://kaltim.idntimes.com/news/kaltim/muhammad-maulana-3/pemkot-balikpapan-membangun-aplikasi-ismart-cityi

[iii] The Worst Traffic in the World Is… Available at https://www.thrillist.com/travel/nation/city-with-worst-traffic-jakarta-indonesia-tops-castrol-s-ranking-of-cities-with-most-stop-starts

[iv] Growth in Motor Vehicles by Type, National Statistics Organisation (Bahasa Indonesia) https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

[v] Growth in Motor Vehicles by Type, National Statistics Organisation (Bahasa Indonesia) https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

[vi] Nanjing and SAP create Intelligent Traffic System in China. Available at https://news.sap.com/2016/11/smart-cities-nanjing-and-sap-create-intelligent-traffic-system-in-china/

[vii] What’s after the Gig Economy? Talent Economy. Forbes Online. Available at https://www.forbes.com/sites/mnewlands/2017/04/20/whats-after-the-gig-economy-the-talent-economy/

[viii] First edition of the IMD Smart City Index 2019, which ranks 102 cities worldwide – shows importance of citizens’ needs in policymaking. Available at https://www.imd.org/smart-city-observatory/smart-city-index/

[ix] Smart approaches to promote inclusive governance in Bandung, Available at https://www.livablecities.info/smart-approaches-governance-bandung

[x] Why Banding could be Indonesia’s Silicon Valley, BBC, Available at https://www.bbc.com/news/av/business-42889855/why-bandung-could-be-indonesia-s-silicon-valley

[xi] World Bank: Urbanisation of Indonesia, Available at http://pubdocs.worldbank.org/en/45281465807212968/IDN-URBAN-ENGLISH.pdf

[xii] Indonesia Is Not Reaping the Full Benefits of Urbanization from Indonesia-Investments Available at https://www.indonesia-investments.com/news/todays-headlines/indonesia-is-not-reaping-the-full-benefits-of-urbanization/item8428


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved