Manajemen Waktu

Waktu adalah uang, seperti itulah yang sering kita dengar dari banyak orang, tetapi setiap individu cenderung memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam memandang dan juga dalam memanfaatkan waktu. Tetapi ada satu yang pasti terkait dengan si waktu ini.

Jamilda Hanum Jamilda Hanum

 

Sebut saja Manajemen Waktu, lebih detil lagi masuk ke manajemen waktu diri yang berkaitan dengan pekerjaan. Satu hal yang perlu kita tahu adalah, dengan tidak mempunyai manajemen waktu dalam diri sendiri mengakibatkan itu berdampak pada tertundanya pekerjaan. Tahukah Anda penundaan pekerjaan ini merupakan musuh yang paling berat bagi time management?

 

Dari berbagai penyebab masalah dalam time management, penundaan adalah faktor kebiasaan buruk yang paling sulit dilepas. Banyak waktu kita hilang begitu saja karena menunda pekerjaan tanpa alasan yang jelas. Sehingga perlu me-review apa saja faktor yang menjadi penyebab penundaan pekerjaan tersebut. Harapannya dengan begitu pekerjaan menjadi lebih efektif, berikut beberapa faktor penyebab penundaan pekerjaan:

  1. Pekerjaan yang kelihatan tidak menyenangkan, seringkali kita mengabaikan atau setidaknya mengesampingkan terlebih dahulu pekerjaan yang menurut kita tidak menyenangkan. Solusinya, bisa dimulai dengan mengerjakan sesuatu yang kita sukai terlebih dahulu dan jauhkan perasaan tidak nyaman dari benak kita.
  2. Tujuan dan sasaran yang tidak jelas, sehingga menimbulkan keraguan. Kita akan merasa ragu dan banyak menghabiskan waktu jika tidak memiliki tujuan dan sasaran yang jelas. Maka sebaiknya kita menetapkan tujuan dan sasaran yang spesifik secara kuantitas dan kualitas serta dapat diukur.
  3. Tidak bisa menentukan prioritas, ini dikarenakan karena pengaruh dari pikiran yang sangat penat, dan merasa tidak tenang. Maka tenangkan diri Anda, sebisa mungkin jangan kalap menghadapi pekerjaan.

Dengan menghindari beberapa faktor penyebab penundaan tersebut, kita dapat memperbaiki kebiasaan buruk dalam time management.

Sejatinya Inti dari manajemen waktu adalah prioritas. Kegiatan mana yang harus didahulukan, yang mana harus dikerjakan pertama kali supaya bisa melakukan pekerjaan lainnya, dan berapa lama prosesnya. Istilahnya dikenal dengan first thing first. Dengan begitu sebagai pribadi kita dapat memiliki kemampuan untuk memilih prioritas kita sendiri.

 

Manajemen waktu juga merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu. Waktu yang menjadi salah satu sumber daya untuk bekerja. Sumber daya yang mesti dikelola secara efektif dan efisien, agar dapat mencapai hasil kerja yang maksimal.

 

Manajemen waktu menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki dalam dunia kerja. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu merupakan sesuatu yang diharapkan dari semua pribadi dan tentunya dari semua perusahaan, dan itu hanya dapat dicapai jika waktu dikelola secara cerdas dan efisien. Manajemen waktu yang tepat dapat meningkatkan kualitas kerja dari seorang pegawai yang nantinya akan berdampak terhadap kinerja atau prestasi kerja  yang bersangkutan.

 

Efektivitas dalam manajemen waktu akan ditunjukkan dengan dimulai dari terwujudnya tujuan dalam penggunaan waktu yang sebelumnya telah ditetapkan, sedangkan pada bentuk efisien maka tidak lain adalah merangkum dua arti, yaitu pertama mengenai arti pengurangan waktu yang telah ditentukan dan kedua berkaitan makna investasi waktu dengan menggunakan waktu yang ada.

 

Jadi, manajemen waktu merupakan bentuk usaha yang memanfaatkan tiap-tiap bagian dari waktu yang dilakukan dengan beberapa aktivitas tertentu yang mana telah dilakukan penentuan target dan posisi dalam jangka waktu tertentu untuk suatu aktivitas yang harus sudah diselesaikan.

 

Terkadang memang akan mengalami kendala untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang harus sesuai dengan waktu yang telah ditargetkan, namun apabila ingin pada hasil yang maksimal maka hal itu harus dilakukan minimal  setidaknya jika belum mampu mencapai 100% berdasarkan target kemudian berupaya dengan keyakinan dan semaksimal mungkin itu menjadi lebih baik.

 

Masalah komitmen pada tiap pribadi pun juga sangat diperlukan dalam mentaati dan melaksanakan manajemen waktu. Ini bisa dilakukan berdasarkan dengan penentuan oleh perusahaan atau dapat pula pribadi sendiri yang menentukan dalam melaksanakan pekerjaannya sehari-hari.

 

Apakah anda sudah bisa memanajemeni waktu anda?

 

Oleh: Jamilda Hanum, S.IK, MM. – Corporate Communication Manager

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)