Menggunakan Inovasi dalam Mewujudkan Dampak Positif

Oleh: Megawaty Khie, Vice President of SAP SuccessFactors (Southeast Asia)

 

Megawaty Khie

 

Inovasi adalah inti dari apa yang kita lakukan.

Seiring dengan berjalannya tahun 2018, kami bangga dapat bermitra dengan berbagai perusahaan yang terus mengalirkan gejolak perubahan positif ke seluruh industri dan masyarakat dunia. Saat ini, dunia industri Indonesia semakin sadar akan kekuatan transformasi digital, dan kami berharap dapat memimpin lebih banyak lagi dalam perjalanan digital ini untuk memungkinkan mereka menciptakan terobosan baru baik di tingkat lokal maupun dunia.

Apa yang kami rayakan, karenanya, adalah keberhasilan upaya inovasi yang telah kami tabur bersama dengan pelanggan kami. Kami tidak hanya menyederhanakan proses mereka melalui platform dan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis mereka, tapi juga membantu meningkatkan produktivitas sumber daya manusia mereka dan meningkatkan cara mereka berbisnis dengan para pemangku kepentingan di dalam perusahaan.

Bagi banyak dari kita, ini adalah saat yang luar biasa bagi perusahaan teknologi enterprise di Indonesia, dengan pasar konsumen muda di negara ini dan gelombang baru perusahaan yang tengah menggalakkan transformasi digital mereka. Komunitas milenial yang tumbuh pesat di wilayah nusantara juga merupakan faktor yang sangat berkontribusi dalam hal ini. Seperti dinyatakan oleh Biro Pusat Statistik Indonesia akhir-akhir ini, kaum milenial saat ini membentuk lebih dari 50 persen populasi usia produktif (usia antara 16 dan 64 tahun) di Indonesia. (Ervan Adi Nugroho, With Indonesia’s Millennials entering the workforce, the housing market must adapt”, https://www.worldfinance.com/infrastructure-investment/with-indonesias-millennials-entering-the-workforce-the-housing-market-must-adapt (November 10, 2017)

Menengok ke belakang, terpikir oleh saya bahwa inovasi memiliki tujuan dan arti hanya bila Anda menggunakannya untuk menciptakan nilai bagi masyarakat. Hapuslah inovasi dari konteks melayani orang lain dan membantu orang dalam memperbaiki hidup mereka, dan dalam sekejap, inovasi akan menjadi istilah longgar yang tidak menjanjikan apapun. Filosofi penciptaan nilai sangat penting dan berkelanjutan dalam inovasi. Ketika inovasi menghasilkan kesuksesan dalam pemecahan suatu masalah, inovasi menjadi sesuatu yang nyata dan benar-benar ada.

Inovasi memiliki tujuan dan arti hanya bila Anda menggunakannya untuk menciptakan nilai bagi masyarakat. Kami juga memiliki advokasi kami, Inisiatif Satu Milyar Kehidupan (One Billion Lives Initiative), yang tujuannya adalah untuk memperbaiki kehidupan satu miliar orang di seluruh wilayah Asia Pasifik dan Jepang pada tahun 2020. Melalui inisiatif ini, kami mengundang proposal dari seluruh kantor di wilayah tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk membuat dampak berkelanjutan terhadap kehidupan masyarakat, terutama di bidang pengelolaan kesehatan dan bencana.

Jumlah proposal yang diajukan betul-betul menginspirasi. Kami menerima lebih dari 170 proposal konsep dari keseluruhan wilayah Asia Pasifik Jepang, yang merupakan bukti bahwa gagasan apapun, seberapapun besar atau kecilnya, dapat berkembang menjadi proyek visioner selama kita menggunakannya untuk membantu dunia berjalan lebih baik.

Inilah yang disebut penciptaan nilai. Itu tidak berarti hanya sebuah ide baru dengan sendirinya. Sebaliknya, inovasi harus mengatasi masalah dengan cara yang membuat orang bertindak. Inovasi harus mendorong orang keluar dari status quo.

The core of innovation

Ini adalah sesuatu yang terus saya inspirasi untuk dilakukan oleh orang-orang saya. Bagaimana cara menyelaraskan visi organisasi dengan visi pribadi mereka? Bagaimana saya menjangkau setiap orang di perusahaan untuk memastikan tidak ada orang yang tertinggal? Bagaimana cara mengaktifkan pola pikir siap digital di antara orang-orang yang saya pimpin, sehingga inovasi bisa menjadi lahan kedua bagi mereka?

Satu hal yang pasti dalam semua pengalaman kita: inovasi harus datang dari dalam. Apalagi bagi kita yang berada di industri teknologi, setiap hari harus menjadi kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Karena itulah saya mencoba untuk mendorong orang-orang saya bahwa betapapun sibuknya mereka, mereka harus berusaha mengalokasikan satu atau dua jam setiap minggu untuk mempelajari sesuatu yang baru, sesuatu yang menarik. Jika kita gagal melakukan itu, inovasi hanya akan menjadi tak lebih dari sebuah bayangan.

Untuk berinovasi dari dalam juga berarti membuat koneksi yang mendalam dan langgeng dengan pelanggan kami. Kita tidak bisa bergerak maju jika satu-satunya niat kita adalah menghasilkan keuntungan. Selaku sebuah organisasi yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong perubahan yang berdampak pada masyarakat global, tujuan kami seharusnya tidak hanya terbatas pada penyediaan produk dan layanan untuk pasar. Yang lebih penting lagi, kami harus mengukur keberhasilan kami dalam hal bagaimana kita memberi nilai tambah bagi para pemangku kepentingan perusahaan. Bagaimana cara meningkatkan keterlibatan pelanggan? Bagaimana kita berbicara kepada publik tentang apa lagi yang bisa kita lakukan untuk membuat hidup mereka lebih baik?

Membantu pelanggan sepanjang perjalanan mereka

Ketika kita tahu bagaimana untuk sepenuhnya terlibat dengan kebutuhan para pemangku kepentingan kita, inilah saat kita bisa masuk dan memanfaatkan keahlian teknologi kita dengan baik. Hingga saat ini, kami telah meluncurkan solusi yang telah membantu perusahaan menjadi lebih transparan, efisien, dan seimbang dalam operasi mereka. Kami telah memberikan layanan yang membantu bisnis memperluas ranah bisnis mereka di tingkat lokal. Kami telah membantu pelanggan sepanjang perjalanan transformasi digital mereka.

Itulah inovasi itu, bagaimanapun juga—inovasi merupakan ekosistem manusia, produk dan layanan, dan tujuan. Supaya kita tidak kehilangan visi besar kita, kita harus ingat untuk selalu mendasarkan diri kita pada kebutuhan para pemangku kepentingan kita yang terus berkembang. Apakah kita memandang kebutuhan mereka seperti yang mereka lakukan? Apakah kita menambahkan nilai kepada mereka sehingga mereka bisa menjadi inovator secara pribadi?

Sederhananya, kita harus memastikan dan mendorong teknologi untuk dapat menyentuh manusia dan aspirasi terdalam mereka. Inovasi berarti menciptakan perubahan yang bermakna yang memenuhi kebutuhan dan aspirasi ini. Dengan kata lain, inovasi berarti menggunakan apa yang kita tahu untuk membantu orang lain bertumbuh dan menjalani kehidupan yang lebih baik.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)