Persaingan Eksistensi Jasa Logistik di Media Sosial Twitter

 

Oleh: Yudha Prawira, Senior Analyst di PT Generasi Digital Internasional

 

Yudha Prawira Yudha Prawira

Di tengah era teknologi digital saat ini, pemasaran melalui media sosial menjadi cara yang efisien dan efektif, baik dalam memasarkan produk mereka maupun mempromosikan atau mengampanyekan perusahaan atau brand. Faktanya, kini para perusahaan dan brand berlomba-lomba melakukan pemasaran secara online, yaitu salah satunya Twitter, yang menjadi indikator utama bagi para perusahaan dan brand dalam mengukuhkan posisi mereka di pasar Indonesia yang tentu saja akan meningkatkan catatan penjualan.

Dengan kata lain, eksistensi dan popularitas perusahaan dan brand di media sosial mampu memberikan dampak besar tidak hanya terhadap tingkat penjualan produk/jasa yang dimiliki, tetapi juga terhadap kesadaran masyarakat terhadap brand (brand awareness) dan kesetiaan masyarakat terhadap suatu brand/produk tertentu (brand loyality). Data GDILab, perusahaan start-up berbasis teknologi di bidang digital analytics, mengungkapkan peringkat Brand Perusahaan Jasa Logistik selama periode Juni 2017 berdasarkan perbincangan para netizen di media sosial Twitter, yaitu:

  1. POS INDONESIA

Dengan mencatat 3.810 kata selama periode 1 – 30 Juni 2017, Pos Indonesia berhasil menempati posisi teratas dalam peringkat brand yang paling sering dibicarakan atau disandingkan dalam pembicaraan para netizen di media sosial Twitter. Tentu saja, interaksi dan respon netizen terhadap program kuis yang diadakan pihak Pos Indonesia melalui situs resmi media sosial Twitter miliknya mampu mengangkat eksistensi dalam perbincangan selama periode tersebut.

@PosIndonesia : Upload video boomerang di booth #POSbisa ke Instagram, kamu berkesempatan untuk memenangkan hadiah GoPro Hero 5 dar⦠https://t.co/wzlzdENjoT 
Response : 58  Retweet : 28  Favorite : 27  Reply : 3  Created : 11 Jun 2017 20:06 WIB

  1. JNE

JNE mampu mendominasi perbincangan netizen di media sosial Twitter selama periode Juni 2017 dengan mencatat 3.659 kata. Program kuis dalam rangka merayakan hari ulang tahun Presiden Indonesia Joko Widodo mampu menarik respon dan perhatian para netizen selama periode tersebut.

@JNE_ID : Merayakan HUT Pak @jokowi JNE mngadakan kuis hadiah sepeda Sebutkan 5 nama sales counter didaerah km⦠https://t.co/9fhMZI9yHc 
Response : 152  Retweet : 69  Favorite : 51  Reply : 32  Created : 21 Jun 2017 17:06 WIB

  1. TIKI

Berada di posisi ketiga dalam peringkat brand jasa logistik yang paling banyak diperbincangkan netizen di media sosial Twitter selama periode Juni 2017, TIKI berhasil mencatat 1.646 kata. Dominasi respon dan antusiame netizen terhadap program kuis bertajuk #QuizRamadhanTIKI selama bulan Ramadhan berlangsung turut berkontribusi dalam perbincangan netizen terkait brand selama periode tersebut.

@IdTiki : Quiz Ramadhan TIKI #11, Sobat TIKI, kota apa di Indonesia yang terkenal dengan pempek ?Sertakan #QuizRamadhanTIKI &⦠https://t.co/cQsZI29zoL 
Retweet : 295 Created : Jun 15, 2017 6:00:05 PM

  1. ESL EXPRESS

Pemberitahuan pihak ESL Express untuk tetap buka dan beroperasi di Hari Raya Idul Fitri turut berkontribusi dalam perbincangan netizen terkait brand selama periode Juni 2017 yang berhasil menempatkan brand ESL Express di peringkat keempat dalam rating brand yang paling banyak diperbincangkan netizen selama periode tersebut dengan mencatat 749 kata.

@ESL_Express : IDUL FITRI TELAH TIBA Kami tetap buka 24 jam dan tetap mengantarkan paket sampai ke tangan anda. https://t.co/ms513n7R0K 
Response : 3  Retweet : 0  Favorite : 2  Reply : 1  Created : 23 Jun 2017 11:06 WIB

  1. J&T EXPRESS

Menempati posisi kelima, J&T Express menjadi brand yang paling banyak diperbincangkan netizen di media sosial Twitter selama periode Juni 2017 dengan mencatat 85 kata. Sayangnya, dominasi keluhan netizen terhadap layanan J&T Express turut berkontribusi dalam perbincangan netizen terkait brand selama periode tersebut.

@nasgorbat : @JTExpressID paketku no 888027918543 udah dr Senin ngejogrok di drop point Zainul Arifin. Woy anter segera donk @JatibeningInfo @JAK101fm 
Retweet : 2 Created : Jun 14, 2017 7:30:25 AM

  1. WAHANA LOGISTICS

Wahana Logistics tercatat berada di posisi keenam sebagai brand yang paling banyak diperbincangkan netizen di Twitter selama periode tersebut dengan mencatat 39 kata. Namun, tingginya eksistensi tersebut turut didongkrak oleh dominasi keluhan netizen terhadap layanan Wahana Logistics selama periode tersebut.

@Lywarti : @wahana_logistik Harus hub kemana bila.ada brg saya blm.sampai? Ke no cs nga ada yg angkat., ke email juga nga respon 
Retweet : 1 Created : Jun 23, 2017 1:25:46 PM

  1. SICEPAT EKSPRES

Tanggapan pihak Sicepat Ekspres terhadap berbagai keluhan pelanggan mampu mengangkat eksistensi Sicepat Ekspres sebagai brand yang paling banyak diperbincangkan netizen selama periode Juni 2017 di peringkat ketujuh.

@sicepat_ekspres : Hai, sahabat SiCepat untuk informasi mengenai paket/barang atau pengiriman silakan masukan nomor resi ya agar bisa langsung kami proses :) 
Response : 8  Retweet : 1  Favorite : 2  Reply : 5  Created : 23 Jun 2017 21:06 WIB

  1. RPX EXPRESS

Program sosial bertajuk #whiteramadhanwithRPX hanya berhasil menempatkan RPX Express sebagai brand yang paling banyak diperbincangkan netizen di media sosial Twitter selama periode Juni 2017 di posisi kedelapan dengan mencatat 23 kata.

@RpxExpress : Ramadhan berbagi dengan sesama RPX One Stop Logistics @RPXExpress #whiteramadhanwithRPX #RPXExpress https://t.co/SUYMKpAezS 
Response : 1  Retweet : 0  Favorite : 1  Reply : 0  Created : 15 Jun 2017 17:06 WIB

  1. PANDU LOGISTICS

Pandu Logistics hanya berada di posisi terakhir dalam peringkat brand yang paling banyak diperbincangkan netizen di media sosial Twitter selama periode Juni 2017. Publikasi lowongan kerja di Pandu Logistics yang diposting salah satu akun pencari kerja turut berkontribusi dalam perbincangan netizen terkait brand selama periode tersebut.

@karejob : Sales di Pandu Siwi Sentosa (Pandu Logistics) Jakarta Timur (Jakarta Raya) https://t.co/6iGWAjwekw #loker"

Response : 0  Retweet : 0  Favorite : 1  Reply : 0  Created : 09 Jun 2017 16:52 WIB

 

Sumber:GDILab Data (diolah)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)