Teknik Negosiasi Kekinian

Donny Susilo, MBA, pendiri Donny and Partners Business Consulting Indonesia.

Siapa bilang negosiasi itu su­sah? Buku Teknik Negosiasi Kekinian ini menjelaskan mengenai teknik bernegosiasi untuk pemula dan siapapun dapat dengan mudah memahaminya. Yang membedakan buku ini dengan buku sejenis lainnya adalah bahwa semua harus dimulai dengan mindset, hendaknya kita harus paham apa saja hukum-hukum alam dari bernegosiasi dan kita juga harus sadar bahwa bukan hanya dalam rapat-rapat penting namun setiap hari kita melakukan negosiasi.

Manfaat dari pemahaman yang benar mengenai bernegosiasi akan sangat membantu semua orang dari berbagai kalangan. Hal lain yang membedakan buku ini adalah pembawaannya yang tidak terlalu formal dan membosankan, banyak membawa pembaca pada sebuah contoh dan analogi yang dapat membantu pemahaman pemula dalam waktu yang singkat.

Donny Susilo, MBA sebagai penulis buku Teknik Negosiasi Kekinian yang telah berkecimpung di dunia bisnis sebagai konsultan business plan skala international mengharapkan bahwa buku ini dapat membuat pembaca mengerti bahwa negosiasi adalah topik yang sangat menarik untuk dipelajari. Adapun kata-kata “Kekinian” di dalam judul dipilihnya karena buku ini memberikan pendekatan yang baru dan terkini mengenai bagaimana sesesorang seharunya belajar mengenai negosiasi.

Berbagai strategi untuk menang dalam negosiasi disajikan dalam cerita yang menarik dan berguna bagi pembacanya sehingga dapat membuat pembaca mengetahui 2 aspek besar tujuan bernegosiasi yaitu tujuan kita dan tujuan mereka, itu yang biasa disebut dengan win-win solution. Namun apakah kita harus benar-benar harus berkorban untuk mendapatkan win-win solution? Bagaimana jika buku ini dapat membuat anda menang sepenuhnya dan menguasai pikiran lawan dalam mencapai hal itu? Semua rahasia tersebut tersaji di dalam pesan yang tertuliskan di buku ini.

Pasalnya tidak banyak yang paham bahwa di samping dari semua teknik-teknik bernegosiasi itu yang bisa anda pelajari secara bebas di luar sana, pembentukan mindset atau pola pikir harus terlebih dahulu dibentuk. Buku ini mengajarkan bagaimana memenangkan negosiasi tanpa harus mengorbankan keinginan kita, kita tidak perlu mengorbankan apapun untuk lawan kita, namun cukup dengan buat mereka merasa menang. Untuk seorang negotiator, negosiasi adalah mencari win-lose solution yang menguntungkan bagi dirinya sendiri dengan cara menciptakan win-win solution di mata lawannya, semua terkait persepsi.

Ada beberapa hal yang perlu anda tanamkan di dalam mindset anda jika ingin menjadi negosiator yang ha­ndal. Penting untuk diketahui bahwa negosiasi tidak sama dengan merampok. Kita tidak pernah membiarkan lawan negosiasi kita pergi tanpa membawa pulang sesuatu di tangannya. Semua hal bisa dinegosiasikan, terlepas dimanapun anda berada, perbe­daan budaya hanya merubah cara ne­gosiasi namun intinya buku ini mengajarkan bahwa satu hukum pasti di dunia ini yang tidak dapat digantikan dengan apapun, bahwa selama dunia ini tidak sempurna, maka semua bisa dinegosiasikan. Negosiator yang handal juga harus jeli melihat peluang, hal yang bisa dinegosiasikan bukan hanya uang namun semua hal.

Hal terakhir yang perlu ditanamkan di dalam mindset anda adalah selalu melihat bigger picture dari setiap kondisi yang ada, hal ini penting untuk mengetahui dengan siapa harusnya anda bernegosiasi, ada orang yang bisa membuat keputusan, ada orang yang tidak bisa membuat keputusan, adapula orang yang lebih powerful dari pembuat keputusan. Kenali siapa lawan bi­cara anda jika tidak ingin membuang-buang waktu.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)