Perjalanan Pabrik Pembuat Souvenir Bola Piala Dunia 2022 di Jatim

Pekerja PT Global Way Indonesia (GWI) saat sedang membuat bola souvenir Piala Dunia. PT GWI memiliki sejarah atau perjalanan yang panjang dalam membuat produk olah raga berkualitas tinggi. (Foto: Dok Gubernur Jatim)

Piala Dunia merupakan ajang sepak bola terbesar di dunia yang menjadi impian setiap negara untuk bisa berpartisipasi, tak terkecuali Indonesia. Namun, Timnas sepak bola Indonesia hingga saat ini belum mampu lolos ke ajang empat tahunan tersebut. 

Meskipun Timnas sepak bola Indonesia belum bisa lolos, namun Indonesia sudah ikut berpartisipasi di Piala Dunia dalam bidang lain, yakni penyediaan souvenir bola sepak Piala Dunia. PT Global Way Indonesia (GWI) yang berlokasi di Jawa Timur (Jatim) adalah penyedia souvenir bola sepak untuk Piala Dunia.

Bahkan, dilansir dari situs resmi GWI, pabrik telah menjadi penyedia souvenir bola sepak Piala Dunia sejak tahun 2018. “PT Global Way Indonesia bermitra dengan Adidas dan Puma untuk memproduksi alat-alat olah raga yang berkualitas tinggi. Sebagai tonggak pencapaian pada tahun 2018, PT Global Way Indonesia menjadi partner resmi Adidas untuk memproduksi Souvenir Bola Sepak Piala Dunia 2018,” tulis PT GWI dalam situs resminya.

GWI mendirikan pabrik di Indonesia pada 2011 tepatnya di Sidoarjo, Jawa Timur dan memproduksi alat-alat olahraga seperti bola sepak, pelindung tulang kering atau shin guard, dan sarung tangan penjaga gawang atau glove. Sebelum mulai produksi, pada Agustus 2011 PT GWI terlebih dulu memberikan pelatihan karyawan khususnya lini jahit dan jahit tangan untuk persiapan produksi bola sepak.

“September 2011 mulai memproduksi bola sepak dan 28 Oktober 2011 ekspor pertama kami ke Kanada dengan jumlah 7.000 bola. Tahun 2012 menerima penghargaan dari Adidas untuk Product Quality dan 2013 menerima penghargaan dari Adidas untuk Speed/Agility,” tulis GWI dalam keterangan milestone-nya.

Hingga saat ini, PT GWI telah bekerja sama dengan brand olah raga terkenal di dunia seperti Adidas, Puma, Reebok, dan UHLSport. Dalam laman resminya, tak hanya untuk Piala Dunia, PT GWI juga memproduksi souvenir bola sepak untuk Piala Eropa 2016 atau Euro 2016 Prancis.

Selain di Sidoarjo, GWI juga memiliki pabrik di Madiun, Jawa Timur. Bahkan pada Kamis (16/6/2022), pelepasan ekspor 50.000 souvenir bola sepak Piala Dunia 2022 Qatar ‘Al Rihla’ juga dilakukan di pabrik Madiun. Bola produksi PT GWI ini diekspor ke beberapa negara seperti Uni Emirat Arab (UEA), Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brasil. Hadir dalam pelepasan ini Gubernur Jatim, Bupati Madiun, serta General Manager PT GWI Jeftha Wardojo.

Dalam pelepasan tersebut, Jeftha mengatakan, 100 persen produksi GWI untuk kebutuhan ekspor. Dalam setahun produksi bola mencapai 4 juta, tapi untuk Piala Dunia 2022 Qatar, GWI memproduksi 1 juta. “Untuk produksinya ada dua lokasi, yakni di Indonesia dan China. Tapi yang terbesar sekitar 60-70 persen adalah di Madiun ini,” ujar Jeftha dalam wawancara dengan pihak Pemkab Madiun.

Pemkab Madiun dalam keterangannya, menyebutkan bahwa GWI mampu menyerap 2.700 tenaga kerja lokal Madiun. Bahkan, Pemkab Madiun mengaku memberikan dukungan dan ‘welcome’ terhadap investor yang lain apabila hendak menanamkan modal usahanya di Madiun.

Sementara itu Gubernur Jatim Khofifah menjelaskan jika Piala Dunia bukan hanya tentang dunia olah raga sepak bola saja, namun sudah menjadi dunia seleb. Pasalnya, setiap final Piala Dunia tokoh dunia maupun para selebritis dunia hadir menonton. “Betapa strategisnya secara ekonomi jikalau kemudian kita bisa menjadi bagian dari resonansi ekonomi di Indonesia, di Jawa Timur, dan Madiun,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)