Adi Kusma, Kurangi Kesenjangan Digital Melalui Internet

IMG_8564

Di usianya yang menginjak 37 tahun, Adi Kusma telah berhasil mengembangkan Biznet yang menjadi salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. Berperan sebagai Presiden Direktr, lulusan Teknik Industri Oregon State University ini berharap bisa terus mengembangkan teknologi mutakhir di Indonesia guna mengurangi kesenjangan digital dengan negara berkembang lainnya. Berikut uraian singkat mengenai profil Adi Kusma :

Apa yang membuat Anda termotivasi untuk mendirikan Biznet ?

Pada waktu tahun 2000, industri Internet di Indonesia masih sangat baru sedangkan dilihat dari potensi teknologi Internet itu sangat besar manfaatnya. Dulu orang masih banyak kirim dokumen menggunakan fax atau telex dimana biayanya sangat mahal apalagi kalau kirim ke luar negeri karena menggunakan pulsa telpon. Sedangkan email dilihat biayanya sangat murah dan responnya juga sangat cepat.

Saat itu web hanya berfungsi sebagai pusat informasi atau katalog, belum banyak transaksi ecommerce seperti saat ini.

Karena dilihat keuntungannya sangat banyak, saya percaya internet akan menjadi besar di kemudian harinya.

Apa saja layanan yang ditawarkan oleh Biznet?

Saat ini Biznet memberikan 3 layanan utama:

-          Network (Jaringan): Internet, Komunikasi Data antar cabang

-          Data Center: www.biznetdatacenter.com

-          Cable TV: www.mymax3.net

Ketiga layanan itu yang menjadi fokus utama Biznet saat ini.

Hingga kini siapa saja kliennya?

Kini Biznet bekerja sama dengan sekitar 130 klien

Apa saja tantangan yang dihadapi?

Semua bisnis pasti memiliki segala macam tantangan baik dari internal maupun ekternal.

Internal itu seperti pengembangan human resources, operasi, pengembangan produk ke depan. Sedangkan eksternalnya yaitu kompetisi dengan provider lain, peraturan pemerintah, dll

Bagaimana menghadapinya?

Tentunya seluruh problem dapat diatasi kalau memang kita mau menyelesaikannya.

Untuk masalah orang, kita membangun training center supaya mereka semua memiliki pengetahuan tentang produk dan standar layanan.

Masalah operasi, kita membangun Standard Operation Procedur (SOP) yang lengkap

Masalah pengembangan produk: kita mengirim orang-orang yang kompeten untuk melihat produk internet kemudian harinya nanti akan seperti apa, kita jg belajar dari negara-negara lain.

Menurut Anda bagaimana dengan prospek industri telekomunikasi ke depannya?

Prospek industri telekomunikasi ke depannya tetap akan berkembang, tetapi tantangannya bagaimana kita bisa memberikan layanan tersebut se-efisien mungkin. Telekomunikasi telah menjadi salah satu utilitas seperti listrik dan air.

Untuk ke depannya goal apa yang ingin diraih dalam pekerjaan?

Salah satu misi Biznet yaitu memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur telekomunikasi & multimedia modern untuk menunjang penduduk Indonesia, bisnis dan pendidikan.

Biznet akan menyediakan layanan dan teknologi muktahir kepada penduduk Indonesia untuk mengurangi kesenjangan digital dengan negara berkembang lainnya.

Itu adalah tujuan kami, oleh karena itu Biznet terus membangun jaringan fiber optic secara nasional guna menyebarkan Internet ke seluruh Indonesia juga.

Untuk ambisi hidup sendiri apa yang masih ingin dicapai?

Saya tidak memiliki ambisi khusus, saya selalu mencoba melakukan yang terbaik setiap harinya baik untuk saya sendiri, keluarga, perusahaan, karyawan, komunitas maupun Negara.

Dan terakhir, apa kegemaran seorang Adi Kusma?

Di waktu senggang saya biasa suka lari ataupun ikut acara pertandingan lari half maratón atau triathlon. Menurut saya olah raga selain untuk meningkatkan kesehatan juga dapat membangun percara diri yang lebih baik, badan yang lebih fit sehingga dapat bekerja lebih baik juga. (EVA)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)