Agnes Budhisurya, Desainer dengan Keunikan Gaun Lukis

20131022_152608

Hari keempat Jakarta Fashion Week 2014 (22/10), panggung mode dimeriahkan oleh karya desainer-desainer anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) yang dibagi dalam tiga sesi. Salah seorang desainer yang menampilkan hasil rancangannya pada sesi pertama adalah Agnes Budhisurya.

Agnes Budhisurya kali ini menampilkan koleksi gaun cerah bernuansa oriental yang terkesan glamour. Nuansa bunga juga dimunculkan dalam 16 koleksi yang dipersiapkannya dalam satu bulan, “Saya mempersiapkan ini kurang lebih satu bulan. Ngebut,” tandas Agnes.   

IMG_2468

Bagi para penggemar mode, mungkin sudah tidak asing dengan ciri khas karyanya. “Mengenai kelebihan, jangan saya yang menilai. Tetapi, yang membuat beda adalah saya melukis sendiri di atas kain, sehingga hasilnya berbeda dengan yang lain” jawab wanita paruh baya ini ketika ditanya mengenai kelebihan hasil kreasinya. Keunikan desainnya ini biasanya ia banderol dengan harga mulai Rp 4 juta hingga Rp 20 juta.

Kapasitasnya dalam dunia mode telah diakui oleh banyak kalangan. Salah satu buktinya, karyanya laku di berbagai negara seperti negara-negara Eropa, Jepang, Timur Tengah dan Afrika Selatan. Ia pun telah dipercaya untuk merancang busana bagi pegelaran Miss World beberapa waktu lalu. Kepiawaiannya ini tentu tidak terlepas dari pengalaman malang melintangnya di dunia desain sejak puluhan tahun lalu.

photo(2)Mengenai berapa banyak koleksi yang telah ia rancang, desainer yang pernah mengenyam pendidikan arsitektur ini mengaku tidak pernah menghitungnya. Jumlah karya yang dihasilkannya biasanya tergantung pada kegiatan-kegiatan fashion yang diselenggarakan berbagai kalangan. Meski demikian, penjualannya tidak bergantung pada momen-momen tertentu. Penjualan karyanya tidak mengalami perbedaan yang drastis setiap bulannya. “kadang naik, kadang turun, tetapi tidak terlalu drastis dan bergantung pada momen tertentu,” ungkapnya.

Meski kini sudah tidak berada di usia muda lagi, Agnes Budhisurya masih begitubersemangat untuk terus berkarya. Ia memiliki rencana-rencana ke depan mengenai kiprahnya di dunia fashion. Ditanya seperti apa rencana tersebut, Agnes lebih memilih menjawab diplomatis, “Belum bisa disampaikan sekarang.”(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)