Alvin Neo, Rahasianya Pelayanan End to End

Sekarang  rumah sakit berlomba-lomba untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasiennya. Salah satunya Group Parkway Pantai Limited , perusahaan layanan kesehatan swasta. Perusahaan ini cukup terkenal dengan rumah sakit yang dikelolanya, yakni Mount Elizabeth Hospital, yang terletak di Singapura.

Kini, pemasaran bisnis rumah sakit yang dikelola oleh Group Parkway Pantai Limited, ditangani oleh nakhoda baru, yaitu Alvin Neo. Alvin baru saja menempati jabatan baru Chief Marketing Officer Parkway Hospitals Singapore, anak perusahaan Parkway Pantai Limited.

Dengan jabatan ini, Alvin berniat untuk memantapkan pelayanan rumah sakit kepada pasien mulai dari sebelum pasien dirawat hingga pascaperawatan.  “Saya pikir kunci (untuk mengembangkan usaha) adalah kami menawarkan pelayanan  end to end,” terang dia kepada SWA Online, di Jakarta, Kamis (4/4/2013).

Alvin Neo, Chief Marketing Officer Parkway Hospitals Singapore

Pria yang pernah bekerja di perusahaan Johnson&Johnson ini menjelaskan, Parkway Hospitals Singapore mempunyai tim yang menangani setiap langkah yang ditempuh pasien, yakni mulai dari proses pencarian dokter, pendaftaran, perawatan di rumah sakit, dan setelah perawatan. “Kami punya kantor pemasaran di sini untuk menasehati pasien di Indonesia,” terang dia.

Ada 11 kantor perwakilan Parkway di Indonesia, dengan kantor pusatnya berada di Jakarta. Melalui kantor yang disebut ParkwayHealth Patient Assistance Center  ini, pasien bisa berkonsultasi mengenai pengobatannya, dan akan dihubungkan dengan jaringan rumah sakit yang dioperasikan oleh Parkway.

Semasa perawatan di rumah sakit, pasien pun akan disuguhi oleh pelayanan terbaik. Semua proses yang dijalani pasien diusahakan dilakukan dengan cepat, dan tidak menyakitkan atau membuat frustasi. “Itu (pelayanan terbaik) dilakukan dari proses awal hingga akhir,” tambah ayah dari satu orang anak ini.

“Dan staf customer service juga mengunjungi pasien setiap hari untuk memastikan pasien tertangani dengan baik,” tutur dia.

Setelah keluar dari rumah sakit, Parkway pun berusaha tetap menjaga hubungan dengan pasien. Dan hal inilah yang akan diperkuat oleh perusahaan ke depannya. Misalnya, Parkway akan membantu pasien ketika mau melakukan kontrol pascaperawatan dengan dokternya.

Intinya, kata Alvin, pasien harus menjadi menjadi fokus bisnis Parkway. Maka dari itu, setiap langkah yang ditempuh pasien harus dipastikan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Karena, setelah pasien mendapatkan pelayanan yang terbaik, maka dia kemungkinan besar akan merekomendasikan pelayanan kesehatan yang diberikan Parkway kepada kerabatnya. Pemasaran dari mulut ke mulut inilah yang dipandang Alvin sebagai bentuk pemasaran yang sangat kuat.

“Ketika kamu mencari dokter, tentu kamu bertanya ke teman kan? Jadi, kami harus menciptakan pengalaman yang positif sehingga orang bisa menciptakan kekuatan word of mouth yang kuat untuk merek kami,” tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)