Andalkan Networking, Ratu Kebab Raih YCPA

Bagi penggemar makanan timur-tengah, nama Kebab Turki Baba Rafi tentu sudah tak asing lagi. Berawal dari lapak sederhana di daerah Manyar, Surabaya, Baba Rafi kini telah berkembang dengan 850 outlet di seluruh Indonesia. Adalah Nilam Sari, Direktur Marketing sekaligus pemilik Baba Rafi, sosok wanita pekerja keras yang menjadi rahasia sukses Baba Rafi.

Beberapa waktu lalu wanita yang sempat mengenyam bangku kuliah di Fakultas Ilmu Politik UNAIR, Surabaya, menjadi salah satu pemenang Young Caring Professional Award 2012 (YCPA 2012). Bahkan, ia terpilih sebagai Finalis Terfavorit lantaran memperoleh vote terbanyak dalam jejaring sosial.

Usai gemerlap penganugerahan YCPA 2012, Nilam sempat berbagi kebahagiaan dengan reporter SWA Online, Tika Widyaningtyas. “Saya sendiri tidak menyangka akan memenangkan ajang semacam ini,” aku ibu tiga anak tersebut. Keikutsertaannya dalam YCPA 2012 bermula dari sebuah telepon dua bulan lalu. Saat itu Nilam baru saja tiba dari perjalanan umrohnya. Masih jetlag, ia mendapat telepon dari SWA, menginformasikan ajang YCPA 2012. Yang ada dalam pikirannya, YCPA merupakan ajang bagi para pelaku bisnis.

Nilam mengikuti YCPA bukan tanpa persiapan. Ia sudah pasang kuda-kuda menghadapi pertanyaan terkait bisnisnya. "Saya siap-siap dapat pertanyaan tentang BEP, outlet-outlet, model bisnis, tapi ternyata  pertanyaannya sama sekali bukan itu!" kenangnya. Nilam cukup terkejut ketika ditanya salah satu juri mengenai tujuan hidupnya. Keterkejutannya belum usai tatkala Nilam mengikuti beauty-class. "Itu kali pertama saya pakai eyeliner, pertama cukur alis juga."

Selain menjadi salah satu dari 9 pemenang YCPA 2012, Nilam juga berhasil merebut piala finalis YCPA 2012 terfavorit. Ia meraup vote terbesar di antara 20 finalis lain di sosial media.

"Saya ikut banyak komunitas. Tiga anak saya sekolah di tempat yang berbeda-beda. Nah, saya mengerahkan ibu-ibu teman sekolah anak saya untuk vote." Kawan SMA, Rotary, dan mitra bisnisnya pun tak luput dari ajakan vote Nilam.

Saat ini Nilam dan suaminya, Hendy Setiono tengah mengembangkan Baba Rafi Akademik. Di akademi tersebut mereka mendidik tenaga muda lulusaa SMA atau di bawahnya secara cuma-cuma. Nantinya tenaga muda itu akan diangkat menjadi pramusaji, mengembangkan outlet, atau bahkan menjalin kemitraan dengan Baba Rafi. "Tidak menutup kemungkinan juga mereka membuka franchise sendiri,"Nilam menegaskan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)