Anton Liu, Merintis Bisnis Persewaan Small Office

Bermodal pendidikannya di bidang properti serta pengalaman di dunia marketing plus network yang luas, Anton Liu mantap mendirikan PT Aswana Graha Makmur.

Konsep bisnis yang ditawarkan Aswana cukup unik, yakni Serviced Office, Virtual Office, Meeting Room dan VIP Mailing Services.

“Saya baru saja bertemu dengan beberapa konglomerat, mereka senang dengan konsep yang seperti ini. Bahkan mereka menawarkan pendanaan untuk mengembangkan bisnis saya. Tapi saya ingin mantapkan yang di sini dulu,” ujar pria kelahiran 10 September 1976 ini.

Melalui konsep Serviced Office, ia menawarkan layanan kantor bersama. Bedanya dengan operator service office lainnya, ruang kantor yang ditawarkan Aswana tidak besar, melainkan small office yang sangat cocok untuk orang yang baru memulai usahanya.

Ruangan tipe standard hanya 10 m2, diperuntukkan bagi 2-3 orang. Ruang tipe delux luasnya 15 m2 untuk 5-6 orang. Kantor bersama ini lengkap dengan fasilitas wifi, kitchen bersama, ruangan tamu bersama, telepon, fax, lemari, dll. “Jadi penyewa datang ke kantor hanya perlu membawa laptop saja untuk bekerja,” katanya.

Harga sewa yang ditawarkan Anton diklaim sangat kompetitif, mulai dari Rp 8 juta per bulan, 50% lebih murah dibanding operator service office yang lain. “Kami ingin memberikan layanan bintang empat dengan harga bintang tiga.”

Selain itu, konsep Serviced Office yang diberikan Aswana yang jarang diberikan oleh operator service office lain adalah petugas-petugas yang siap melayani segala aktivitas bisnis layaknya sekertaris pribadi. Mereka siap menerima panggilan telepon masuk, menginformasikan melalui media SMS dan email jika penyewa kantor sedang sibuk atau tidak berada di tempat, mengadministrasikan setiap surat, fax dan dokumen yang masuk.

“Petugas-petugas kami semuanya mengedepankan komunikasi dua arah. Saya sendiri yang mendidik mereka mulai dari bawah. Mereka semua orang-orang kepercayaan saya.”

Yang unik lagi dari konsep bisnis Aswana adalah layanan Virtual Office. Apa itu? Di Virtual office tidak ada ruangan yang disediakan. Misalkan untuk bisnis orginazer tapi bisnisnya masuk ke perusahaan-perusahaan besar, tentunya mereka butuh alamat kantor yang prestige. Mereka bisa menyewa Virtual Office Aswana, nantinya mereka akan mendaatkan semua layanan fornt desk, fasilitas mailing untuk menerima surat-surat ataupun telepone dan semuanya dikomunikasikan dua arah. Jadi seperti memiliki asisten pribadi.

“Untuk layanan Virtual Office, biayanya sangat kompetitif yakni hanya Rp 400 ribu per bulan,” tegas Anton.

Semua unit kantor bersama yang ditawarkan Aswana berlokasi di lantai 12 Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta. Meski gedung ini merupakan salah satu gedung tertua, namun Anton mempertimbangkan lokasinya yang sangat strategis.

“Gedung ini juga sudah direnovasi, lift nya sudah bagus, tenant-tenant nya juga sudah diperbaiki. Waktu saya ke sini katanya semua lantai juga penuh, sisanya ada space ini di lantai 12, itu pun sudah diincar penyewa lain. Saya kemudian buru-buru deal sewa di sini. Bisnis kan juga soal timing, kalau lewat makan kesempatan hilang,” ujar lulusan Panangian School of Property, Jakarta ini.

Investasi yang dikeluarkan untuk mendirikan Aswana kurang lebih Rp 1 miliar. Menurut Anton dana itu bukan dirogoh dari kantong pribadinya, melainkan dari investor yang percaya kepadanya. “Itulah pentingnya network. Saya memulai semua dari nol, jadi marketing untuk membiayai kuliah, seteah jadi marketing saya punya jaringan network yang luas.”

Bisnis yang dirintis Anton kini tampaknya mulai membuahkan hasil. Sejak mulai disewakan 1 April 2013 lalu, ruang kantor bersama Aswana sudah terisi 40% dari total 17 ruang yang tersedia.

“Saya renovasi sekitar 1,5 bulan, sebelum direnovasi aslinya parah banget ini lantai. Sampai jadi begini saya bersyukur meski tidak mewah sekali namun nyaman seperti di hotel berbintang,” tutupnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)