Ari Kartika, Srikandi PP Properti

Ari Kartika Vice President Marketing PT PP Properti Tbk., Ari Kartika.

Bergabung dengan PP Properti di Tahun 2014, memberikan kepercayaan kepada Ari Kartika untuk menangani departemen marketing. Di tahun yang sama, persiapan PP Properti untuk menjadi perusahaan terbuka (Tbk) memberikan dirinya banyak pelajaran baru yang belum pernah ia dapat. Kini lulusan S1 Public Relations London School Public Relations & S2 Fakultas Sosial dan Politik jurusan Manajemen Komunikasi, Universitas Indonesia ini didapuk menjadi Vice President Marketing PT PP Properti Tbk.

Posisi yang ia pegang saat ini bertanggung jawab atas strategi marketing PP Properti dan implementasinya, analisa pasar. Ruang lingkup dan tanggung jawabnya meliputi seluruh proyek PP Properti di tanah air. Selain itu, ia juga membantu di semua aspek komunikasi perusahaan, termasuk mengedukasi publik bahwa PP Properti adalah perusahaan yang bergerak sebagai developer dan anak perusahaan dari PP Persero Tbk (BUMN). “Kami berusaha mempersiapkan listing PP Properti menjadi perusahaan terbuka. PP Properti sejak tahun 1992 masih sebagai divisi di PP Persero Tbk., baru pada tahun 2013 dijadikan anak perusahaan,” ungkapnya. Akhirnya, Mei 2015 Initial Public Offering (IPO) digelar, disusul 1 bulan kemudian resmi listing di Bursa Efek Indonesia.

Ari berusaha untuk memberikan pemasukan perusahaan terkait pemasaran dan penjualan dari residensial yang dibangun oleh PP Properti. Jangka panjangnya, dirinya dan tim ingin memposisikan PP Properti menjadi lima besar perusahaan properti terbaik di Indonesia. Bekerja di bidang marketing memberi tantangan kepadanya dalam pengaturan strategi indentifikasi calon pembeli. Sedemikian rupa, dirinya merancang program-program marketing yang berbiaya ekonomis dan logis, namun bagus hasilnya. “Membuat program marketing dengan biaya besar tentu dapat dilakukan siapa saja, namun apakah hasilnya sepadan? Hal ini yang harus diperhatikan, saya bertanggung jawab agar pengeluaran di bidang marketing dan pemasukan perusahaan harus benar-benar sesuai dengan perencanaan,” ujarnya.

Target perusahaan untuk selalu tumbuh rata-rata 20% per tahun dihadapi Ari dengan jeli mencari pasar yang baru untuk membeli produk produk hunian PP Properti. “Selain jeli mencari peluang pasar yang baru, sebagai pengembang tentunya kami harus bisa membuat diferensiasi produk, sehingga tercipta pasar konsumen yang baru. Kami sangat memahami akan hal ini, tim Research & Development dan departemen kreatif perusahaan berusaha untuk mengeluarkan produk hunian yang unik, yang spesifik dibutuhkan oleh segment tertentu,” ungkapnya.

Salah satu terobosan yang PP Properti ciptakan adalah pengembangan apartemen anti narkoba pertama di Indonesia yang terletak di Margonda Depok bernama Evencio Premium Student Apartement. Posisi lahan kami tepat didepan kampus Universitas Indonesia, dekat dengan Universitas Pancasila juga Gunadharma. Sistem keamananan sedemikian rupa diterapkan dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia. “Saat ini sudah bertambah tiga lagi produk apartemen Anti Narkoba kami, yaitu di The Alton Semarang yang letaknya 200 M dari gerbang Universitas Diponogoro Semarang, kemudian ada Begawan Apartement di Malang yang letaknya dekat dengan Universitas Brawijaya Malang dan Grand Dharmahusada Lagoon di Surabaya yang letaknya dekat dengan Universitas Airlangga dan ITS Surabaya,” tambahnya.

Terobosan produk ini telah menciptakan pasar konsumen baru yaitu mahasiswa, atau orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya dekat apartemen. Terobosan yang dilakukan PP Properti ini disambut baik dengan banyaknya ikatan alumni dari universitas tersebut yang ingin melakukan kerjasama terkait hunian untuk mahasiswa. Bergabungnya selama tiga tahun memberikan kekaguman Ari pada budaya perusahaan yang dimiliki PP Properti. Kekeluargaan yang sangat kental dan hangat tercipta dalam perusahaan. Rasa kekeluargaan itu yang mencitakan tak ada jarak antara level atas dan bawah. Dirinya dan tim berusaha memperkenalkan brand PP Properti ke kalangan luas. Target kedepannya, Ari ingin lebih fokus berkarir di PP Properti dan turut memberikan kontribusinya dalam membangun PP Properti menjadi salah satu dari lima perusahaan properti terbesar di Indonesia.

 

Reportase: Anastasia Anggoro Sukmonowati

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)