Besarkan JD.ID, Ramadhan Niendraputra Kuatkan Sisi Komunikasi | SWA.co.id

Besarkan JD.ID, Ramadhan Niendraputra Kuatkan Sisi Komunikasi

Pertumbuhan JD.ID sebagai e-commerce di Indonesia semakin agresif. Apalagi dengan penambahan jumlah merchant, rencana untuk ekspansi gudang dan jasa pengantaran di tahun 2017. Keberhasilan marketplace ini tidak terlepas dari peran Ramadhan Niendraputra. Bergabung dengan JD.ID sejak 2016 lalu, ia menjabat sebagai Head of Merchandising (Household Category).

“Di posisi ini, saya bertanggungjawab dalam mengembangkan bisnis ini end-to-end. Mulai dari mengonsep business vision dari kategori ini untuk beberapa waktu ke depan, on boarding supplier dan brand principles. Lalu mengembangkan business plan dengan mereka, hingga kemudian bertanggung jawab dalam penjualan dan manajemen stok,” ujar pria lulusan Teknik Industri, ITB. Ia juga melakukan koordinasi dengan tim marketing hingga tim warehouse, untuk memastikan pelanggan terpuaskan dengan layanan.

Memiliki keleluasan sebagai business decision maker, ia menemui beberapa tantangan. Salah satunya ialah brand engagement, karena masih tergolong baru hadir di pasar Indonesia, JD.ID masih mengalami kesulitan meyakinkan brand principles untuk bekerja sama. Ia pun memiliki cara jitu dengan intensive communication dan showing our intention to really grow their brands, yaitu dengan langkah awal yang baik dalam menjalin kerjasama dan adanya milestones kecil, ia optimis kepercayaan akan tumbuh. “Intinya komunikasi,” katanya.

Ia juga melakukan kolaborasi lebih erat dengan departemen lain di internal perusahaan, dalam hal ini terutama marketing dan warehouse. Masing-masing department memiliki prioritas masing-masing yang kadang tidak saling kongruen dengan marketplace yang menyasar segmen middle up ini. “Yang penting juga adalah crunching the data, karena kalau kerja di ecommerce kita sebenarnya kebanjiran data-data. Dan banyak pattern menarik dari data-data tersebut yang bisa sangat membantu dalam mengambil keputusan strategis,” tambahnnya.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Sinergi Telkomsel – SWA Lahirkan Banyak Digital Mastery di Indonesia

Telkomsel saat ini bisa dibilang  satu-satunya operator selular dengan kinerja bisnis paling moncer dengan pertumbuhan laba triple digit selama tiga...

Close