Bintarti Yulianto, Sosok di Balik Perawatan Puluhan Ribu Armada Bluebird

Pekerjaan yang berkaitan dengan transportasi seringkali disebut sebagai pekerjaan pria. Namun, Bintarti A. Yulianto mematahkan stigma tersebut. Vice President Teknik PT Blue Bird Tbk ini rupanya memegang tanggung jawab penuh terhadap kesiapan armada Bluebird Group. Tidak main-main, tugas Bintarti adalah memastikan kesiapan armada mulai dari pengecatan sesuai identitas perusahaan, pemasangan atribut, hingga sistem service/maintenance.

Wanita lulusan Teknik Nuklir UGM ini mengatakan, ia tidak masalah bekerja di dunia yang dekat dengan sebutan "pekerjaan laki-laki." Rupanya, pada saat kuliah pun ia banyak berteman dengan pria.

“Saya merasa enjoy saja bekerja dengan rekan-rekan teknik yang seluruhnya pria. Dan sebetulnya, masalahnya bukan terletak pada wanita atau pria, tetapi kesamaan mindset. Apabila ada kesamaan pemahaman, etos kerja, saling memahami the do's and the don'ts, maka rekan laki atau wanita pada dasarnya sama,” jelas Bintarti.

Kemampuan Bintarti diuji saat ia harus mengoordinasikan pengelolaan perawatan puluhan ribu kendaraan secara terjadwal. Menurutnya, pekerjaan tersebut memerlukan kedisiplinan, sistem yang handal, dan kualitas kepemimpinan yang kuat dalam lingkungan kerja yang notabene semuanya pria.

Bagi Bintarti, tantangan utama ke depan adalah perubahan-perubahan yang bersifat "quantum leap". Untuk itu, tidak bisa hanya mempersiapkan diri terhadap perubahan-perubahan linier yang biasa, namun harus siap membuat lompatan agar mampu bertahan.

“Saat ini misalnya, industri transportasi sedang fokus terhadap kesiapan mobil listrik. Namun tidak menutup kemungkinan sepuluh tahun ke depan akan hadir teknologi yang baru lagi. Oleh karena itu, kita harus tetap bergerak maju dan tanpa henti untuk terus menghadirkan inovasi,” imbuhnya.

Bintarti juga merasa beruntung karena dalam perjalanan awal kariernya di Bluebird, ia berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan pendiri Bluebird yaitu Ibu Mutiara Fatimah Djokosoetono.

“Saya tidak akan pernah lupa, bagaimana Ibu Mutiara menanamkan rasa memiliki dan motivasi dengan memberikan perhatian-perhatian kecil, tantangan dan juga kepercayaan. Hal ini yang menjadi pedoman serta nilai-nilai yang saya selalu terapkan baik di lingkungan kerja maupun di keluarga,” ujar Bintarti.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)