Budiawan Jusmin

Budiawan Jusmin tak mau menyia-nyiakan momentum China-ASEAN Free Trade Area yang menghapus pajak impor barang dari Cina sejak awal tahun ini. Selaku Direktur PT Indopacific Nusantara yang menjadi distributor AC merek Haier asal Cina sejak Januari 2010, ia pun menggeber penjualan. Beberapa main dealer langsung ditunjuk yang kemudian menggaet 60 dealer baru. Kini, AC Haier dengan produk andalannya Elegant EA Series dapat ditemui mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Sumatera, Medan, Lampung, Pekanbaru, Palembang, Bengkulu hingga Makassar.

Meski harga AC Haier sama dengan produk standar, produk kami sudah dilengkapi plasma filter dan berbagai fitur yang ditemui pada produk premium,” ungkap lulusan teknik industri dari Arizona State University, Amerika Serikat ini seraya menyebutkan bahwa AC Haier diproduksi hingga 16 juta unit/tahun secara global. Adapun layanan pascajual diperkuat dengan menunjuk 20 authorized service centre, plus ketersediaan suku cadangnya.

Pemasaran gerilya dilakukan di daerah-daerah. “Kami mengawali penetrasi pasar dengan beriklan di koran lokal, menggelar pameran lokal, promo diskon Lebaran, midnight sale, dan sebagainya,” ujar pria kelahiran Jakarta tahun 1971 itu. Para dealer pun diiming-imingi bonus seperti kunjungan ke pabrik Haier di Jingtao, Cina. Hasilnya, meski enggan menyebut angka, Budiawan mengaku AC Haier mulai dikenal masyarakat, khususnya di Jakarta yang menyumbang 60% penjualan. Sebentar lagi, ritel modern akan digarap dengan menjajakan AC Haier di Carrefour, Lottemart, Electronic City dan lainnya.

Budiawan juga akan segera merilis situs web AC Haier Indonesia dan membuka pusat pelatihan khusus instalator AC Haier. “Ini semua agar pelanggan happy. Kami ingin menunjukkan kualitas produk kami dan stay lama di sini,” tutur Budiawan, yang menargetkan dalam tiga tahun ke depan AC Haier masuk jajaran 10 besar pasar AC di Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Judotens Maulid Budiarto

Di dunia Twitter, nama TuiTwit punya catatan tersendiri. Pasalnya, inilah aplikasi Twitter client pertama yang memperkenalkan fitur Mute a Tweet...

Close