Caroline Dery, Kérastase Sasar Wanita Muda

Kérastase, salah satu merek perawatan rambut premium, baru-baru ini sukses meluncurkan produk terbarunya, Kérastase Cristalliste. Produk unggulan Group L’Oreal ini memang rajin bergerilya di luar iklan. Sebagai buktinya, salon-salon Kérastase yang terdapat di Tanah Air jumlahnya sudah ratusan. Produk ini juga sempat menyabet beberapa penghargaan Bazaar Beauty Awards 3 kali berturut-turut. Siapakah motor penggeraknya? Salah satunya adalah Caroline Dery. Perempuan cantik ini didaulat sebagai Group Product Manager Kérastase dari PT L’Oréal Indonesia sejak bulan Januari 2013 silam. Lantas seperti apa profil wanita yang fasih berbahasa Inggris serta Spanyol ini dalam mengembangkan brand Kérastase  sekarang? Berikut reportase yang berhasil diliput Swa Online :

Caroline Dery, Group Product Manager Kérastase Caroline Dery, Group Product Manager Kérastase

Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya memiliki latar pendidikan Master in Marketing and Advertising dari CELSA school,  Perancis. Thesis saya berjudul “The Market of Cosmetics in Vietnam, Towards the Globalisation of Beauty”. Sebelumnya saya juga mendapatkan gelar bachelor’s degree dari salah satu universitas top di Perancis, La Sorbonne University dengan mayor Modern  Literature.

Boleh diceritakan riwayat karier profesional Anda?

I’m a native of France and i’ve lived in a number of cities including Ho Chi Minh and Paris. Sebelum bergabung dengan tim Kérastase Indonesia, pertama kali saya terhubung dengan L’Oreal di Vietnam, dimana saya menjadi Commercial Manager Assistant for L’Oréal Paris and Maybelline. Kemudian saya ditempatkan di Perancis sebagai Elvive’s Product Manager Assistant dan bertanggung jawab untuk handling digital strategy Nutrition & Lumiere new launching range.

Saya juga sempat bekerja di Sephora (LVMH) sebagai Product Manager for the Exclusive brands division and later on the Accessories one. Saya kemudian datang ke Indonesia pada tahun 2011 dimana saya memulai bekerja di Sophie Paris sebagai Brand Manager untuk divisi kosmetik. Di sana saya juga memegang pengembangan brands dan produk baru yang terinspirasi dari sejumlah perjalanan bisnis saya di seputar Asia. Mulai Januari 2013 hingga saat ini saya bergabung dengan PT L’Oréal Indonesia dan menempati posisi sebagai Group Product Manager Kérastase.

Apa saja kompetensi yang Anda miliki?

Saya memiliki pengalaman di operational and development marketing, branding & new product creation serta project management. Selain itu saya memiliki international career path  mulai dari Perancis sampai Asia sehingga pada akhirnya menjadikan saya harus menguasai beberapa macam bahasa seperti Perancis, Inggris, Spanyol, dan Indonesia. Saya juga mendalami beberapa sektor kosmetik khususnya di  Make-up, Skincare & Bodycare, Haircare, Perfume dan Tools.

Bicara tentang produk yang Anda tangani sekarang, apa saja jenis produk terbarunya?

Rangkaian terbaru Kérastase terdiri dari 5 produk yaitu: 1) Bain Cristal Fine, yaitu shampoo yang didesain untuk rambut halus. Fungsinya untuk membersihkan dan membuat rambut terasa lembut dan ringan; 2) Bain Cristal Thick, yang khusus didesain untuk rambut tebal; 3) Lait Cristal, yaitu kondisioner untuk melembutkan dan memberikan kilau alami pada batang rambut; 4) Lumière Liquide, serum bertekstur ringan untuk rambut lembut bercahaya; dan 5) Masque Cristal, masker bertekstur ringan untuk menutrisi batang rambut.

Apa keistimewaannya?

Kérastase Cristalliste mengandung bahan new liquid light complex yang telah dikembangkan oleh laboratorium L’Oréal Advance Research di Paris. Bahan ini memperbaharui lapisan hidro-lipidic rambut yang terbuat dari lemak alami. Pada rambut, lapisan hidro-lipidic ini sering rusak dan tidak merata sehingga dapat mempengaruhi kesehatan rambut, membuat sensasi rambut yang berat pada akarnya dan kering pada ujungnya. Perawatan akan lebih sempurna denganrangkaian ritual Kérastase Cristalliste yang terdiri dari bathing, treating, dan texturizing yang terdapat di semua salon premium Kérastase.

Bagaimana dengan harganya?

Produk Ukuran Harga (Rp)
Bain Cristal Fine 250 ml 259.000
Bain Cristal Thick 250 ml 259.000
Lait Cristal 125 ml 299.000
Masque Cristal 200 ml 460.000
Masque Cristal 500 ml 775.000
Serum Cristal 125 ml 319.000

Ke mana produk ini disegmentasikan?

Produk ini disegmentasikan untuk wanita muda rentang usia 18-25 tahun yang ingin memiliki rambut lembut, ringan, serta berkilau dari akar hingga ke ujung.

Kenapa segmentasinya ke wanita muda?

Sebab wanita muda masih berada dalam masa perkembangan, dimana kondisi tubuh mereka rentan terhadap perubahan hormon yang bisa berefek pada kondisi rambut mereka, terutama akibat produksi sebum yang berlebihan sehingga membuat pangkal rambut terlihat lepek.

Lalu seperti apa perkembangan Kérastase secara umum?

Saat ini, salon-salon Kérastase sudah berjumlah 130 di seluruh Indonesia, lengkap dengan ambassador dan theraphist yang telah menjalani pelatihan khusus. Beberapa produk ritel Kérastase juga sempat mendapat penghargaan diantaranya dari Bazaar Beauty Awards sebagai produk perawatan rambut terbaik (2010-2012). Penghargaan ini berdasarkan survey yang dilakukan setiap tahunnya selama 6 bulan kepada ratusan pembaca dan lebih dari 200 ahli kecantikan dunia.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)