Cerita Kesuksesan Eddy M. Leks di Bidang Hukum Properti

Buku Panduan Praktis Hukum Properti: Memahami Problematika Hukum Pertanahan, Perumahan, serta Pengembangannya menjadi salah satu bukti perjalanan karier Eddy Marek Leks. Mengambil Magister Hukum (spesialisasi penyelesaian sengketa internasional), Universitas Gadjah Mada (2010-2013) dan University of London (2013-2015) ini adalah pendiri sekaligus Managing Partner Leks & Co Lawyers.

Eddy M Leks dalam Acara Peluncuran Buku Panduan Praktis Hukum Properti: Memahami Problematika Hukum Pertanahan, Perumahan, serta Pengembangannya Eddy M Leks dalam Acara Peluncuran Buku Panduan Praktis Hukum Properti: Memahami Problematika Hukum Pertanahan, Perumahan, serta Pengembangannya

Ia memulai kariernya di bidang general corporate/commercial dan penyelesaian sengketa bisnis. Setelah lulus S-1 dari Jurusan Hukum, Universitas Atmajaya, ia memutuskan bekerja di Hadiputranto, Hadinoto & Partners (HHP), afiliasi dari Baker & McKenzie pada tahun 2004. Di sana ia mengelola divisi pasar modal, general corporate/commercial, perpajakan, investasi asing, dan kepabeanan.

Berjalan 1,5 tahun, kecemerlangan karier itu mengantarkannya menjadi seorang Senior Legal Manager PT Lippo Karawaci Tbk. “Ketika itu saya, selama empat tahun di Lippo, saya bertugas menangani masalah hukum perusahaan secara umum, akuisisi saham, akuisisi aset untuk proyek properti. Adapula proyek bangun-guna-serah,” ujarnya.

Saat ini, ia mengkhususkan diri dalam hukum real estate, merger akuisi, dan penyelesaian sengketa bisnis. Ia mengatakan pada 3 ranah tersebut, pencapaian terbesar yang pernah ia dapatkan adalah ketika menangani 3 kali kasus pertanahan di wilayah Sumatera, karena kasus itu bergulir hingga tingkat kasasi. Sedangkan untuk masalah merger dan akuisis, ia membantu beberapa klien besarnya seperti PT Tokyu Land Indonesia, PT China Harbour Indonesia, Lippo Group, dan PT Tower Bersama Group.

Tidak hanya itu, pria yang hobi menulis ini, juga sudah menerbitkan tulisannya di berbagai media dan publikasi baik lokal maupun internasional, yaitu Jurnal Hukum Bisnis, The Real Estate Review, Kontan, Lawasia Journal, The International Bar Association Real Estate Newsletter, Forbes Indonesia, Property & Bank, The Institutional Real Estate Letter-Asia Pacific, dan Getting The Deal Through untuk chapter Indonesia yang diterbitkan oleh Law Business Research.

Sebagai seorang yang mengerti masalah hukum properti, ia kerapkali diundang menjadi pembicara di berbagai acara mengenai hukum real estate, kepailitan, perjanjian sewa, investasi asing, dan sebagainya. Ia juga mengelola Program Real Estate Law di Radio PasFM.

Pemegang sertifikat perdagangan internasional dan keuangan ini pun direkomendasikan oleh asialaw Profiles , Legal 500, dan Cahmbers and Partner pada bidang real estate di Indonesia dan bidang corporate, dan penyelesaian sengketa bisnis. Lalu pada tahun 2014, ia mendapat penghargaan Merger and Acquisition Lawyer of the Year pada Finance Monthly Global Awards.

“Pengalaman saya akan bermanfaat jika disampaikan kepada orang lain. Melalui tulisan-tulisan tersebut, saya ingin membantu para developer muda untuk lebih mengerti mengenai hukum tanah dan properti di Indonesia. Karena tiap daerah pasti beda dalam hal terminologi kasus pertanahan ini,”tambahnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)