Dino Patti Djalal, Marketer of The Year 2012

Dino Patti Djalal, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat

MarkPlus Conference kembali digelar. Di ajang ini, seperti biasa, ada pemilihan sosok yang dinilai berprestasi dalam hal pemasaran, atau disebut sebagai Marketer of The Year. Tahun ini, gelar tersebut jatuh kepada Dino Patti Djalal, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Dino terpilih karena dinilai sukses dalam inovasi memasarkan Indonesia di lingkup internasional. Salah satu program yang digaungkannya dan kini semakin dikenal oleh masyarakat Amerika Serikat adalah program Diaspora Indonesia.

“Dia dipilih oleh juri karena Diaspora Indonesia itu. Dan, beliau berhasil me-marketing-kan Indonesia ke luar,” sebut Hermawan Kartajaya, CEO dan Founder MarkPlus, Inc. kepada SWA Online, di sela-sela acara.

Di kesempatan yang sama, Dino pun mengungkapkan kegembiraan dan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterimanya itu. Bersamaan dengan gelar Marketer of The Year, ia juga menjadi Marketing Champion in Government and Public Services Industry. “Alhamdullilah, bersyukur kepada pihak-pihak yang menilai saya, yang merasa bahwa saya pantas mendapat apresiasi ini,” kata Dino.

Lantas, seperti apa cara Dino mengenalkan Indonesia ke pihak asing? Berikut petikan wawancara singkat SWA Online dengannya.

Sekarang ini bagaimana kondisi Indonesia?

Memang sekarang ini profil kita sedang bagus, asetnya bagus, baik aset politik, ekonomi, social, dan budaya. Cuma, bagaimana memproyeksikan ke dunia, itu yang masih menjadi tantangan. Terasa sekali di luar.

Bapak terpilih karena, salah satunya, mengembangkan program Diaspora Indonesia, seperti apa program itu?

Diaspora sekarang barang baru. Ini suatu komunitas yang selama ini belum begitu terjamah. Jadi mudah-mudahan setelah bangkitnya Diaspora ini, kita lebih bisa melangkah maju untuk menduniakan Indonesia.

Berapa jumlah Diaspora sekarang ini?

Diaspora kalau dihitung dari orang yang legal, yang punya paspor Indonesia, itu sekitar 4-5 juta orang. Tapi kalau dihitung orang yang warga negara asing (WNA) tapi berdarah Indonesia itu antara 8-10 juta orang. Jadi, secara total ada lebih dari 10 juta orang. Tapi, ya nggak pernah dihitung secara pasti, dan sebetulnya jumlahnya itu statis ya. Karena kan nggak terlalu banyak orang yang melepaskan kewarganegaraan.

Cuma yang perlu diolah adalah pemanfaatannya bagi Indonesia. Yakni, bagaimana mereka bisa menjadi penghubung atau konektor, bisa menjadi investor, dan bisa menjadi mitra bagi bangsa Indonesia untuk kesejahteraan bersama.

Jadi, secara keseluruhan, bagaimana cara memasarkan Indonesia ke dunia internasional?

Yang penting jangan terpaku pada kelaziman. Jadi, di dunia diplomasi itu semua sudah ada peraturan dan metodologi yang baku. Selama saya jadi Dubes, saya mencoba tampil dan berpikir beda, dan juga bertindak beda. Menjadi twitter ambassador, duta besar yang selalu melaporkan kegiatan melalui twitter. Alhamdulliah, sekarang saya sudah ada 110 ribu follower. Akun saya, @dinopattidjalal, selalu update.

Selain itu, saya melakukan Indonesia Day di Wallstreet pada tahun ini untuk pertama kalinya. Kemudian, produser film Hollywood didorong untuk melakukan syuting di Indonesia sepenuhnya. Intinya, dulu sebelum saya masuk ke AS, Hollywood, Wallstreet, kemudian Silicon Valley masih belum terjamah. Nah, ini mulai kita jamah. Dan intinya mencari ranah-ranah baru dengan pendekatan berbeda.

Untuk diketahui, bersama dengan Dino, para peraih Indonesia Marketing Champions 2013 adalah, Ignasius Jonan (Dirut PT KAI) sebagai Marketing Champion in Automotive, Transportation, Logistic Industry; Hasnul Suhaimi (CEO PT XL Axiata) sebagai Marketing Champion in Communications, High-Tech, and Media Industry; Bien Subiantoro (Dirut BJB) sebagai Marketing Champion in Financial Services Industry; Liliek Oetama (Direktur Eksekutif PT Grahawita Santika) sebagai Marketing Champion in Healthcare, Pharmaceutical and Consumer Industry; dan Widya Wiryawan (Presiden Direktur Astra Agro Lestari) sebagai Marketing Champion in Resources Industry. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)