Enny H.Sampurno Prioritaskan Program Akselerasi Karyawan

Dinobatkan sebagai Human Resource Director PT Unilever Indonesia Tbk., Enny Hartati Sampurno mengemban tugas yang tak ringan. Ia harus jeli dalam melakukan investasi talenta untuk kemajuan Unilever dalam jangka panjang. Di tahun pertamanya, Enny akan mulai menerapkan program akselerasi untuk menggembleng karyawan perusahaan consumer goods tersebut.

Setelah Joseph Bataona mengundurkan diri, kursi panas Direktur SDM Unilever diduduki Enny. Wanita berambut pendek ini resmi menduduki jabatan tersebut sejak Desember 2011. Untuk itu Enny telah menyiapkan berbagai program kerja untuk mengembangkan talenta karyawan Unilever.

"Kami harus menyiapkan talenta untuk kesuksesan Unilever setidaknya untukĀ  tahun mendatang. Karena itulah HR harus selalu di depan," tutur Enny usai paparan publik Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Unilever.

Salah satu gebrakan Enny tahun ini adalah adanya program akselerasi. Program tersebut menggembleng karyawan berbakat dengan pembekalan program khusus yang belum pernah diberikan sebelumnya. Setelah itu, karyawan tersebut akan diberikan project khusus dengan tingkat kesulitan tertentu untuk mendongkrak talentanya.

Dalam satu tahun, Unilever merekrut 25 sampai 30 karyawan baru dari 2000 lebih pelamar dalam dua batch. Sarjana yang baru lulus akan dididik selama 3 tahun. Mereka dipersiapkan secara intensif hingga layak menjadi manajer. Setiap 6 bulan, mereka dirotasi di brand yang berbeda.

"Untuk menyiapkan career part yang lebih besar, Unilever punya yang namanya 70-20-10," ungkap wanita kelahiran Rembang, Jawa Tengah ini.

Angka 70 yang dimaksud adalah bahwa 70% talenta Unilever diperoleh dari On Job Training (OJT). Sementara itu, 20% talenta dididik melalui coaching dengan brand manajer. 10% sisanya adalah training dengan kurikulum tertentu. (Tika Widyaningtys)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)