Fabio Bellini, Mengubah Bata Jadi Lebih ‘Hijau’

Memulai karier sebagai perancang busana, Fabio Bellini kini justru asyik mengurus sepatu., sebagai salah seorang Direktur PT Sepatu Bata Tbk. Kini pria asal Italia ini semakin mantap melangkah bersama Bata dan menjadikan perusahaan produsen sepatu itu menjadi lebih ‘hijau’.

Fabio muda memulai karier sebagai perancang di Renato Bellini Atellier, Stra Pedrova, Italia di mana mereka menyediakan busana ke Rangoni (Florence), Pancaldi (Bologna) dan M2 (Roma). Pada tahun 1999, ia hijrah pertama kalinya ke Indonesia demi untuk menjadi stylish di Ajimex Trading Company yang menyuplai sepatu untuk beberapa merek Jerman, seperti Quelled dan Karstadt.

Kariernya di dunia sepatu semakin matang. Pria yang fasih berbahasa Indonesia ini memutuskan pindah ke Apple Green tahun 1992 sebagai stylish dan Quality Contro, serta membuka pasa ekspor baru ke Eropa dan Kanada sampai akhirnya bergabung dengan PT Sepatu Bata Tbk tahun 1999.

Pelan tapi pasti, karier Fabio semakin mantap di Bata. Pada 2005, ia menjadi Regional Shoe Innovation Center Manager yang menyuplai model-model terbaru untuk diekspor ke perusahaan-perusahaan afiliasi Bata.

Akhirnya setelah 9 tahun bergabung di Bata, tepatnya pada 2008, saya diangkat menjadi salah satu Direktur Bata,” ujar pria yang gemar humor ini.

Sepatu Bata dan Fabio memang klop. Sepatu-sepatu yang diciptakannya untuk Bata sukses di pasaran. Sepatu Air Supply terjual 1,2 juta pasang, Universal 600 ribu pasang, Landmark laku 500 ribu pasang dan masih berjalan, kemudian Motor Sandal terjual 300 ribu pasang dan penjualannya masih berlangsung sampai sekarang.

 Kehadiran Fabio di Bata juga mengubah Bata menjadi lebih ‘hijau’ atau lebih ramah lingkungan. “Di pabrik kami yang awalnya di daerah Kalibata, dipindahkan ke Purwakarta. Di Kalibata sekarang sudah jadi apartemen, pabrik kami sekarang di Purwakarta kami hijaukan. Kalau Anda mengunjungi pabrik Bata sekarang ada 160 pohon di sana, “ jelas Fabio.

 Makin tingginya tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, membuat Fabio menuangkan ide ramah lingkungan ke dalam produk-produk Bata. “Kami menggunakan material untuk sol sepatu Bata yang ramah lingkungan. Kami menamakannya sol echo friendly. Selain itu, mulai dari kardus pembungkus hingga plastik pembungkus sepatu Bata gampang terurai oleh alam. Sekarang orang sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan Bata ingin melangkah ,” jelas Fabio. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)