Gaya Adam R. Damiri Pimpin Asabri

Sebagai seorang militer, Mayjen (Purn) Adam R. Damiri dituntut untuk berpenampilan tegas dan berwibawa. Sikapnya tersebut tak berubah manakala dia ditunjuk sebagai CEO dari PT Asuransi Sosial ABRI (Persero)/Asabri.

Adam R damiriAdam dilahirkan dari keluarga militer, ayahnya anggota TNI. Cita-citanya dari semasa kecil adalah mengikuti jejak sang ayah menjadi seorang prajurit. Berkat kerja kerasnya, pria kelahiran 20 November 1949 ini menyandang pangkat Mayor Jenderal di kesatuan terakhirnya dan sempat menjadi Pangdam IX Udayana.

Meski sudah memiliki empat orang cucu, suami dari Kun Kusdiah ini masih terlihat awet muda karena rajin senam bersama dengan keluarga besar Asabri.

Baginya perusahaan adalah bagaikan roda yang berputar, artinya kerjasama antara semua pihak tidak hanya tingkat Direksi, Kabag , Kasi ataupun anggota saja yang bias membuat sukses, tetapi perlu keterkaitan hingga semua level jabatan hingga kelevel tingkat bawah sehingga roda yang berputar tadi akan berjalan secara mulus, sesuai dan seimbang itu yang diibaratkannya.

“Suksesnya seorang pemimpin tak luput dari personel di bawahnya yang membantunya,” ujar Adam R Damiri.

Asabri sendiri merupakan asuransi yang pesertanya adalah Prajurit TNI, Anggota POLRI, PNS DEPHAN/POLRI.

Sejak memimpin Asabri tahun 2009, Adam R Damiri menerapkan strategi pemasaran  melalui kombinasi  peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan nilai manfaat yang diberikan kepada para peserta. Di samping terus meningkatkan  frekuensi kegiatan sosialisasi dan jangkauan sosialisasi, penambahan jaringan pelayanan (penambahan Kancab, KCP, dan Kantor Bayar), penyempurnaan dukungan teknologi informasi dalam proses pelayanan, maka untuk lebih mempermudah prioses pelayanan kepada para peserta.

Mulai tahun ini ASABRI juga meluncurkan aplikasi pelayanan terpadu untuk pengajuan klaim asuransi dan pensiun yang pelaksanaannya sudah desentralisasikan penuh di seluruh Kancab dan KCP.

“Di samping itu, untuk transparasi keuangan terkait iuran peserta, pada tahun ini Asabri juga meluncurkan Kartu Individual Account yang di samping merupakan  Kartu Tanda Peserta Asabri, juga berfungsi sebagai kartu yang dapat digunakan untuk mengecek saldo iuaran peserta, perkiraan manfaat pensiun dan manfaat asuransi dari masing-masing peserta,” jelasnya.

Secara kinerja, sejak Asabri dipimpin olehnya, berdasarkan hasil evaluasi Kepmenkeu perseroan mendapatkan bobot nilai 86 pada 2011 dan 2012 meningkat menjadi 90 atau pada kriteria “Sehat –AA”.

“Kami meyakini pelayanan prima baru bisa diwujudkan apabila sisi kualitas pelayanan yang memuaskan dan sesuai keinginan, harapan dan kebutuhan peserta dikombinasikan dengan peningkatan nilai nominal manfaat risiko yang dicover sekalipun tanpa adanya penambahan iuran premi. Ini berarti Asabri berkomitmen penuh untuk meningkatkan kinerja pengelolaan perusahaan demi terwujudnya pelayanan prima kepada para pesertanya,”

Hingga kini Asabri telah memiliki sembilan produk yang mendukung perkembangan perusahaan. Dari sembilan produk tersebut ada tiga yang menjadi produk unggulan, yakni Manfaat Santunan Risiko Kematian Khusus (SRKK), Manfaat Santunan Kecelakaan Karena Dinas (SCKD), Manfaat Santunan Cacat Bukan Karena Dinas (SCBKD).

“Ketiga produk ini menonjol karena selaras dengan karakteristik peserta Asabri yang memiliki risiko tinggi dalam bertugas yang mengakibatkan peserta gugur/tewas atau cacat. Produk tersebut hingga kini menjadi kekuatan brand dan keunggulan karena tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi sejenis,” tegasnya. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Gaya Adam R. Damiri Pimpin Asabri”

sangat penting sekali untuk mengetahui tentang asuransi karena dapat merubah cara pandang masyrakat terhadap pentingnya dan manfaat asurasni, tulisan anda sangat menarik sekali, terimakasih untuk artikelnya. salam kenal.
by Nendi Sofiandy, 14 May 2014, 14:40

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)