Gaya Kolaboratif Silvia Halim untuk Proyek MRT Jakarta

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim.

Proyek transportasi masa depan Jakarta, MRT (Mass Rapid Transportation)  digawangi oleh perempuan muda. Berperan sebagai direktur konstruksi pada proyek MRT Jakarta, Silvia Halim berusaha menyelesaikan mega proyek ini tepat waktu.

Fase I pembangunan MRT Jakarta dengan rute Lebak Bulus - Bunderan HI, berusaha diselesaikannya bersama tim, kemudian melanjutkan fase II dan menyiapkan fase berikutnya. “Targetnya fase I dapat selesai Maret 2019 dan untuk fase II rutenya Bunderan HI - Kampung Bandan, akan ground breaking akhir tahun 2018,” ungkapnya.

Proyek MRT memang masih panjang hingga 2024, berbagai tantangan dihadapi oleh Silvia mulai dari masalah teknikal mengingat proyek ini merupakan konstruksi yang harus berjalan penuh 24/7 non-stop.  Ia bertanggung jawab sebagai direktur konstruksi, sehingga kontrol penuh harus dilakukan tiap hari. “Paling penting harus cepat mengambil keputusan dan solusi, cepat, dan tepat. Karena jika tidak, akan berdampak pada kualitas, progress, dan safety,” ujarnya.

Proyek MRT pertama di Indonesia ini menjadi pekerjaan rumah baru bagi timnya. Banyak regulasi peraturan, perizinan, prosedur, dan sistem yang belum established, berbeda dengan di luar negeri. Edukasi mengenai MRT juga mau tak mau dilakukan untuk publik Indonesia. Bekerja di bidang konstruksi sangat critical dan membutuhkan team work kuat. Menurutnya,  tim dalam proyek ini dilakukan bersama para konsultan pengawas, dan para kontraktor. “Kami tidak mungkin bisa kerja sendiri-sendiri,” jelasnya menegaskan.

Silvia memiliki cara mengorganisir semua pihak yang terlibat dalam proyek ini. Ia berusaha menciptakan sebuah tim yang kuat, solid, dan kompak untuk dapat men-deliver proyek. “Kami mulai sejak rekrutmen. Kami pastikan semua orang yang direkrut memiliki kompetensi tepat dan memiliki karakter yang sesuai dengan perusahaan,” ungkapnya. Proses training dilakukan untuk membangun kemampuan SDM dengan melibatkan mereka dalam supervisi para kontraktor.

Gaya kepemimpinan yang dimiliki Silvia adalah kolaboratif. Dalam mengambil keputusan, sebagai pemimpin, ia tidak berpikir sendiri, tapi dengan banyak masukan dari timnya. Dari banyaknya masukan, ia mencari keputusan dalam menghadapi suatu situasi. “Keputusan itu tercapai sifatnya dari hasil kolaborasi dan ketika tim menjalankannya, maka mereka akan menjalankannya dengan sepenuh hati karena mereka merasa part of the decesion making,” ungkapnya.

Kedekatannya dengan tim dibangun dengan komunikasi yang terbuka, sangat fluid. Ia tidak  membatasi jarak komunikasi. “Kami tidak melihat hirarki yang terlalu kaku. Struktur tetap ada sebagai pertanggung jawaban dalam decision making,” tambahnya. Komunikasi directly dilakukan dengan para engineer dan kepala departemen secara fleksibel. Berkumpul di luar jam kerja juga diinisiasi sebagai bonding agar dapat saling mengenal satu sama lain di luar pekerjaan.

Sebagai pemimpin, Silvia berusaha  meningkatkan kompetensi  untuk bekal masa depan. Ia megembangan  kompetensinya tidak selalu melalui forum formal seperti sekolah atau kursus. Baginya, dalam kesehariannya melaksanakan tugas, terlibat rapat, review masalah, berkoordinasi dengan pihak luar, menjadi part of learning.

Sebelum bergabung dengan MRT Indonesia, Silvia menetap dan bekerja di Singapura. Ia sudah memiliki jam terbang tinggi dalam  pembangunan proyek di Indonesia. “Saya belajar banyak hal baru di sini. Interaksi saya dengan banyak Board of Director dan instansi pemerintah memberikan pelajaran cara kepemimpinan saya," ia menguraikan.

Mengenai caring leadership, Silvia lebih ke bagaimana men-encourage semua anggota tim untuk bisa maju  menjadi next leader. Mengajarkan orang lain di timnya untuk sukses menjadi pemimpin kelak adalah pencapaian terbaik dari seorang pemimpin. "Hal tersebut yang kami pegang kuat di sini. Bukan hanya saya, tapi juga MRT Jakarta. Kami melakukan pembinaan terhadap semua staf dengan memberikan kesempatan berkembang lebih baik," ujarnya.

 

Reportase: Arie Liliyah

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)