Gina Rahmalia Bangun Character Building SDM KAI

Kemampuan dalam melatih dan memotivasi pegawai PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjadi keahlian Gina Rahmalia Ginandjar. Berkarier di KAI sejak 2013, kini ia dipercaya sebagai Trainer Madya di di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) KAI.

Gina ingin menjadikan Pusdiklat KAI sebagai Corporate University yang dapat membawa perusahaan menjadi yang terbaik dalam industri transportasi di Indonesia. Dalam mewujudkan visinya, ia menerapkan nilai KAI pada karyawan agar kompetensi mereka semakin berkualitas, yakni integritas, profesional, keselamatan, inovasi, dan pelayanan prima.

Lulusan Sastra Sunda, Universitas Padjajaran, Bandung ini, mencetak beragram prestasi, di antaranya peringkat pertama sebagai Trainer Non Railways di Pusdiklat Ir. H. Djuanda KAI tahun 2017. Dalam bidang pendidikan, Gina adalah doktor termuda se-Indonesia di tahun 2011 yang saat itu meraih gelar doktor masih umur 28 tahun. Gelar S3 diraihnya dari Universitas Padjajaran melalui Sandwich Program dari  University of New England, Inggris dan University of Melbourne, Australia.

Dirinya mengembangkan Pusdiklat KAI sebagai agen perubahan agar pegawai lebih produktif dan inovatif. “Cara ini dilakukan melalui terobosan pelatihan character building yang telah dilakukan sebanyak 15 angkatan. Saya juga berusaha meyakinkan komisaris bahwa inovasi sangat penting dalam membangun identitas dan budaya perusahaan,” ungkap wanita behijab ini.

Baginya, hard skill tidaklah cukup bagi pegawai. Untuk itu, soft skill dan pendalaman nilai utama KAI melalui character building juga diperlukan bagi SDM KAI. Tantangannya dalam menjalankan tugas adalah keberagaman usia dan latar belakang pendidikan SDM. “Saya ingin dari character building dapat membentuk soft skill karyawan dalam memperkuat nilai utama KAI,” ungkap waita kelahiran 34 silam.

Keinginan  menjadi Direktur SDM menjadi passion-nya untuk dapat membawa SDM perusahaan naik level. Ia bercita-cita ingin menyempurnakan kerja kerasnya sebagai seorang trainer.

 

Reportase: Jeihan Kahfi Barlian

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)